Profesi yang Bakal Hilang

Profesi yang Bakal Hilang di Tahun 2030

hancau – Dalam mengisi kuliah umum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Menteri BUMN, Erick Thohir memaparkan 9 jenis profesi yang bakal hilang pada tahun 2030. Namun, ia juga menjelaskan 9 pekerjaan yang akan popular di tahun tersebut.

Adapun potensi hilangnya 9 pekerjaan tersebut menyusul gencarnya digitalisasi hampir di seluruh sektor di Indonesia maupun dunia. Akhirnya, proses ini tidak hanya menghadirkan peluang baru tetapi juga ancaman baru.

“Dengan digitalisasi akan banyak pekerjaan yang hilang, jenis usaha juga berubah. Studi di 3 negara Amerika, Jerman dan Australia menyatakan semua negara itu akan hilang pekerjaan dibandingkan yang tumbuh. Di Amerika saja akan hilang 6,1 juta.” Erick Thohir, Menteri BUMN.

Menurutnya, sekarang adalah era pertumbuhan ekonomi berdasarkan kapabilitas manusianya. Jadi, bukan hanya menyiapkan intrastruktur tetapi manusianya juga perlu disiapkan agar punya kemampuan tersebut.

Erick menyebut terdapat sekitar 17 juta pekerjaan baru yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan teknologi di masa depan. Baik dari sektor pendidikan, pertanian, sampai dengan sektor pertambangan.

Oleh sebab itu, Erick mendorong Perguruan Tinggi menyiapkan mahasiswanya agar mampu bersaing dalam menghadapi kondisi pekerjaan di masa depan.

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *