kompetisi dunia

Pelajar Indonesia Juarai Kompetisi Dunia, Ciptakan Solusi Limbah Plastik

hancau – Pelajar SMP kelas 8 di Binus School Simprug, Evan Felix Santoso berhasil memenangkan kompetisi dunia Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Microsoft.

Dalam kompetisi ini, Evan mengajukan gagasan bertajuk “Sea Waste Scavengers.” Idenya adalah pemanfaatan AI untuk mengoperasikan kapal listrik bertenaga air dan surya yang dapat melacak, menemukan, dan mengambil sampah plastik di laut, sebelum dikirim ke fasilitas daur ulang.

Solusi Evan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan pencemaran sampah plastik di perairan Indonesia dan global yang mengancam keberlangsungan hidup biota laut.

Evan menjelaskan bahwa Sea Waste Scavengers terinsiprasi dari MAS400 atau Mayflower Autonomous Ship 400. Ini adalah kapal bertenaga energi terbarukan yang sepenuhnya otomatis.

loading...

Kapal tersebut dirancang untuk berlayar dari Inggris ke Amerika sambil mempelajari kehidupan laut dalam perjalanan.

“Di masa depan, saya harap dengan membersihkan pencemaran laut, kita juga dapat menyelamatkan kehidupan tumbuhan dan hewan laut, sehingga lautan kita tidak hanya menjadi lebih bersih, tetapi juga penuh kehidupan dan lebih Indah.” Evan Felix Santoso, Siswa Binus School Simprug.

Sekadar informasi, kompetisi ini merupakan kejuaraan tingkat global yang diikuti remaja berusia 13-18 tahun untuk memecahkan tantangan global terkait lingkungan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Kompetisi ini diikuti oleh ribuan remaja di seluruh dunia, tetapi Microsoft hanya mengambil 10 peserta terbaik sebagai pemenang. Adapun Evan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang memenangkan kompetisi tersebut.

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *