brimob

BRIMOB, Unit Tertua di Tubuh Polri

hancau.net – Ada yang tahu sejarah Brimob? Kali ini tim hancau akan membahas secara singkat mengenai sejarahnya.

Brimob adalah singkatan dari Brigade Mobil, atau kepanjanganya adalah Korps Brigade Mobil, merupakan pasukan elit dan khusus instansi kepolisian.

Dilatih untuk menanggulangi gangguan kamtibmas berintensitas tinggi, counter-terror, kerusuhan, counter-insurgency, dan operasi-operasi urban/gerilya.

Berbeda dengan unit-unit polisi yang lain karena ia adalah yang pertama unit yg tertua di polri, ia merupakan kesatuan yang dapat diterjunkan untuk membantu unit kepolisian lain yang tidak mampu dalam mengatasi situasi gangguan kamtibmas.

Contohnya jika Sabhara tidak mampu menanggulangi suatu gangguan kamtibmas, maka Brimob akan dipanggil untuk bantuan pengamanan.

Brimob juga dilatih penerjunan (para) dan penjinakan bom (bomb disposal, yang jika di luar negeri hanya dilakukan oleh militer).

Brigade Mobil atau yang lebih akrab kita sebut dengan BRIMOB adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter milik Kepolisian Republik Indonesia.

Korps Brimob merupakan salah satu unit tertua di tubuh Polri.

Adapun beberapa tugas utamanya adalah penanganan terrorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian dan penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera, dan penjinakan bom (EOD).

SEJARAH BRIMOB

Dibentuk pertama kali dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa.

Pasukan ini bertugas untuk melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibu kota.

Pasukan ini pula lah yang pertama kali mendapat penghargaan dari Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno yaitu Sakanti Yana Utama.

Banyaknya pemberontakan membuat kesatuan Mobrig ini dikembangkan menjadi batalyon. Saat Amerika Serikat menawarkan pelatihan militer pada 1959, alih-alih mengirimkan tentara, Presiden Sukarno justru mengutus Mobrig.

Kebijakan ini selaras dengan rencana Mobrig membentuk pasukan Ranger dengan kemampuan light infantery. Mereka baru saja membentuk Sekolah Pendidikan Mobile Brigade (SPMB) di Watukosek, Porong, Jawa Timur pada 10 Juni 1955

Pada 14 November 1946, Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade disingkat dengan nama Mobrig sebagai ganti dari Pasukan Polisi Istimewa.

15 tahun kemudian, bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sakanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil hingga sekarang yang kita kenal dengan sebutan Korps Brimob. (fix)

Sumber: Wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *