cara mendapatkan backlink

Cara Mendapatkan Backlink

hancau.net – Beberapa hari belakangan ini, saya gencar mencari tahu soal backlink. Membaca beberapa artikel, membuat saya mengetahui lebih jauh tentangnya. Terlebih setelah tahu apa maksud dan tujuan dari penggunaan backlink itu sendiri. Cara mendapatkan backlink pun dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan cara mendapatkan backlink. Ada baiknya kita mengetahui apa itu backlink, dan apa hubungannya dengan SEO.

Pengertian Backlink dan Hubungannya Dengan SEO

Saya percaya, hampir 100 persen dari kalian pasti sudah mengetahui pengertiannya. Namun tidak semua mengetahui fungsi sesungguhnya.

Saya pribadi baru mengetaui fungsinya dalam beberapa bulan belakangan ini. Yah… istilahnya, ilmu saya ini masih bau kencur. Tapi otak dan jari saya terasa gatal jika tidak menuliskannya di dalam blog ini.

Backlink sendiri sebenarnya salah satu teknik SEO off page. Artinya, backlink merupakan sebuah cara untuk mengoptimasi sebuah halaman dari luar. Bisa dikatakan bahwa backlink ini sejenis rekomendasi dari luar yang mengarah ke website kita.

Sebenarnya sudah ratusan, ribuan, atau mungkin jutaan artikel yang membahas soal bagaimana cara mendapatkan backlink. Namun, tidak ada salahnya jika kita menyegarkan kembali pembahasan itu di dalam tulisan ini.

Secara sederhana, backlink dapat diartikan sebagai link/tautan yang dipasang di website atau blog orang lain dan mengarah ke alamat kita sebagai tujuan.

Fungsi utama backlink adalah penghubung dari satu halaman ke halaman lain. Terus apa hubungannya dengan SEO?

Sifat utama Google adalah selalu mencari halaman baru. Lebih dikenal dengan istilah Crawling.

Jika sebuah website terhubung ke halaman lain, ini menandakan blog itu sedang bertumbuh. Google menyukainya. Dengan terhubungnya sebuah website dengan website lainnya, maka akan mudah terindeks dan ditemukan di Google.

 

Cara Mendapatkan Backlink

Ada banyak cara mendapat backlink dari sebuah web/blog. Di sini saya hanya akan memberikan pendapat berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Secara sederhana, ada 2 cara mendapatkannya. Berbayar dan gratis.

 

Berbayar

Tentu saja dengan membeli jasa penanaman link/tautan. Entah itu berupa Content Placement dan Banner. Kisaran harganya cukup mahal, bagi blogger kere seperti saya.

Banyak website yang menyediakan jasa backlink. Saya pribadi, tidak menggunakan jasa tersebut. Mungkin karena tergolong mahal.

Kebanyakan dari mereka yang menggunakan jasa backlink karena faktor ketidaksabaran dan ingin yang instan. Salah? Menurut saya tidak. Setiap orang memiliki caranya masing-masing.

 

Gratis

Ini yang kalian dan saya tunggu. Siapa yang tidak suka sesuatu yang gratis, apalagi menguntungkan. Backlink gratis dapat berupa, Guestpost, Partnership, Komentar Blog, dan Kutipan Blog yang menyertakan sumber.

Menurut saya, yang paling sulit adalah Kutipan Blog. Kenapa? Karena kita harus benar-benar memiliki konten yang isinya berkualitas agar orang lain mau mengutip dan mencantumkan sumber tulisannya.

Tidak salah jika muncul istilah “Content is The King”.

 

Baca juga : Backlink dan Sesuatu yang Terlupakan

Nah, setelah kalian tahu apa pengertian dan fungsinya. Tinggal pilih saja, cara seperti apa yang akan kalian gunakan untuk mendapatkannya.

Saya pribadi lebih senang yang gratis dengan sistem partnership. Menurut saya, cara itu selain menambah backlink juga berfungsi menambah teman dan koneksi ke luar lingkungan kita sehari-hari.

Namun, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Cara apa yang kita anggap asyik, jalani saja. Bagi teman-teman yang ingin berpartner dengan blog ini silahkan kunjungi halaman Partner Hancau. Terima kasih. (fix)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *