Geliat UKM Indonesia

Geliat UKM Indonesia di Tengah Pandemi

hancau.net – Tidak dapat dipungkiri, pandemi yang sedang terjadi membuat hawa perekonomian semakin panas. Pasalnya, beberapa usaha mulai dari yang terkecil hingga kaliber raksasa sekalipun ikut terdampak. Namun, di tengah hawa panas yang begitu kencang. Usaha Kecil Menengah (UKM) hadir sebagai solusi. Akhirnya, geliat UKM Indonesia mulai tampak.

Hal ini tergambar dari banyaknya UKM yang bermunculan secara mendadak, dan hampir membabi buta. Selain itu, Isu resesi ekonomi yang digembor-gemborkan banyak pihak mulai dipatahkan. Ini disebabkan era digital yang berkembang begitu pesat di Indonesia.

Pandemi yang berkepanjangan dan PHK yang terjadi di hampir semua perusahaan, bukan menjadi alasan untuk tidak membangkitkan semangat UKM Indonesia.

Internet dan Semangat UKM Indonesia

Internet bukan lagi ajang hanya untuk saling bertegur sapa dan berbagi informasi, namun lebih dari itu. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang melek teknologi, internet menjadi jalur baru untuk berwirausaha.

Banyaknya platform toko online, membuat masyarakat Indonesia semakin kreatif dalam berusaha. Bahkan setiap hari, selalu saja ada toko online baru yang bermunculan. Hal ini menunjukkan betapa UKM Indonesia sudah cukup berkembang.

Orang-orang tidak perlu lagi menyewa toko untuk bisa membangun usahanya. Hanya perlu gadget di tangan, dan sedikit koneksi internet. Maka toko online sudah siap mengudara.

Selain platform toko online yang sudah tersedia. Kemudahan lain juga didapatkan dalam membuat website toko online pribadi.

Bikin Toko Online Untuk UKM? Gampang

Salah satu yang mendukung geliat UKM Indonesia semakin gencar ialah masyarakat dapat dengan mudah membuat toko online nya sendiri.

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, membuat para pelaku UKM Indonesia tidak kehilangan semangat. Seperti penggalan lirik lagu Bang Haji Oma Irama “…banyak jalan menuju Roma…”.

Pepatah lama pun pernah mengatakan, “Dimana ada niat, di situ akan ada jalan”.

Pemerintah Indonesia tengah gencar memberikan suntikan dana bagi UKM yang ingin berkembang. Beberapa program telah dijalankan. Salah satunya program bantuan dana dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Banyak cara dapat dilakukan demi membangkitkan semangat UKM Indonesia. Selain beberapa cara di atas. Di antaranya, ialah dengan membuat toko online sendiri.

Di Indonesia sendiri, salah satu startup yang medukung program pemerintah untuk menunjang UKM ialah MasterWeb. MasterWeb menyelenggarakan program Hosting UKM. Dimana program ini diperuntukkan bagi para UKM yang ingin membangun website UKM nya sendiri.

Keuntungan Memiliki Website UKM

Keuntungan dari website UKM sendiri antara lain, praktis, hemat waktu, dan hemat biaya. Pelaku UKM Indonesia tidak perlu lagi memikirkan untuk menyewa kios atau toko. Dari segi pendanaan ini terbilang cukup hemat.

Semua transaksi dilakukan secara online. Di masa pandemi seperti sekarang ini, pemerintah Indonesia menghimbau masyarakat untuk mengurangi kontak fisik secara langsung. Hal ini bertujuan demi menghambat penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Memiliki Website UKM dan melakukan transaksi online, adalah solusi berwirausaha di masa pandemi. Selain dalam hal transaksi, promosi pun dapat dilakukan secara mudah.

Website UKM dapat dihubungkan ke beberapa media sosial yang ada. Seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Melalui akun media sosial, para pelaku UKM akan lebih leluasa dalam mempromosikan produk mereka. Tidak terbatas jarak dan waktu, promosi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *