Pola Digital Marketing

Pola Digital Marketing dan Digital Marketer, Penting dalam SEO

hancau.net – SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing. Sebelum kita mengetahui tentang SEO, kita perlu mengetahui lebih dulu digital marketing yang lebih luas. Mengetahui pola digital marketing juga sangat berguna dalam penerapan teknik SEO.

Sebagian orang mengira, untuk sukses di bidang marketing harus jago teknisnya. Hal teknis misalnya, SEO, facebook ads, social media, dan kemampuan teknis lainnya. Padahal kemampuan teknis saja tidak cukup. Masih banyak mindset yang perlu dimiliki sebagai digital marketer.

Berikut beberapa mindset yang perlu dimiliki oleh calon digital marketer,

Problem Solving

Dalam dunia digital marketing, tentu saja masalah utamanya adalah problem marketing. Sebagai contoh, bagaimana cara meningkatkan penjualan. Bagaimana cara mengalahkan kompetitor. Bagaimana pembaca web kita lebih betah di dalam web.

Pemilihan channel atau jalur merupakan syarat utama problem solving. Kita harus mampu memilah channel untuk digital marketing yang sedang kita jalankan. Contohnya, SEO, Social Media, Facebook Ads, Display, dan lain sebagainya.

 

Data Analysis dan Critical Thinking

Data adalah darah dan daging dari digital marketing. Jika kita memiliki problem marketing, kita harus menentukan channel mana yang paling efektif. Kita perlu menganalisa performa dari masing-masing channel tersebut. Performa teknik SEO, Social Media, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

loading...

Di dalam mindset ini, jangan mudah terintimidasi ketika melihat chart atau diagram sejenisnya. Kita harus terus menerus melakukan analisa di beberapa teknik.

 

Fast Learning

Ini merupakan mindset yang paling penting. Kenapa? Karena dunia digital marketing adalah dunia yang berkembang dengan sangat cepat. Kita harus bisa belajar dengan cepat atas hal-hal baru yang datang. Agar tidak tertinggal dari kompetitor dan saingan pasar lainnya.

 

Selain mindset, ada 5 langkah yang biasa dilakukan oleh para digital marketer, diantaranya

Perencanaan – Eksekusi – Pengumpulan Data – Analisis Data – Pencapaian

Setelah masuk ke tahap pencapaian, kita akan kembali lagi ke proses perencanaan. Agar selanjutnya kita dapat membuat perencanaan yang lebih baik.

Begitu seterusnya. Kenapa? Karena SEO dan Digital Marketing merupakan proses panjang dan selalu berubah-ubah. Jadi, pola digital marketing mana yang akan kamu pakai? (fix)

Editor:

One Reply to “Pola Digital Marketing dan Digital Marketer, Penting dalam SEO”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *