Riset Keyword

583971546

Riset Keyword dan Langkah Sederhana Menggunakan Tool Gratisan

hancau.net

– Setelah kalian membaca artikel sebelumnya, sekarang saatnya kita praktek riset keyword. Bagaimana cara membuat daftar atau list yang kita targetkan. Sebelumnya saya perlu menjelaskan, bahwa ada banyak cara untuk melakukan riset keyword. Namun, menurut saya inilah cara yang paling mudah dipahami.

Riset keyword kali ini, kita akan menggunakan google sebagai mesin pencari. Berikut langkah-langkahnya.

Seed Keyword

Tentukan seed keyword atau bibit dari keyword. Ini adalah keyword awal yang kita terka dan orang lain cari untuk mengarah ke halaman kita. Dari seed keyword tadi, akan muncul beberapa keyword di halaman pencarian.

 

Relevan Keyword

Lihat hasil pencarian di google. Apakah sudah relevan dengan target yang kita ekspektasikan atau harapkan. Langkah ini menghabiskan sedikit banyak waktu. Kita harus mencek satu per satu seed keyword.

Misalkan, jika kita memiliki target keyword untuk mengarah ke suatu tempat. Namun yang keluar adalah artikel, artinya keyword tersebut tidak relevan. Ini harus dicoba berulang-ulang. Sehingga kita mendapatkan keyword yang tepat untuk website kita.

Jika kita sudah mendapatkan keyword yang relevan. Di bagian paling bawah pencarian google akan menampilkan beberapa keyword. Nah, keyword itulah yang akan kita masukkan ke dalam list kita.

 

Menggunakan Tool Riset Keyword

Tool yang saya gunakan adalah tool gratisan. Namanya ubersuggest. Tinggal ketik di google dan pilih yang mengarah ke halaman neilpatel.com. Tool ini sangat berguna untuk melakukan riset keyword secara gratis. Namun karena gratis, terkadang data tidak lengkap atau tidak update.

loading...

Jika kalian memiliki dana lebih untuk riset keyword, kalian bisa menggunakan ahref. Kalau tidak salah 100$ per bulan. Namun untuk latihan, cukuplah yang gratisan saja.

 

Keyword dan Search Volume

Perhatikan keyword dan search volume dari tool yang kita pakai. Kemudian masukkan ke dalam google sheet / excel.

Masukkan keyword yang kita anggap relevan ke dalam mesin pencarian ubersuggest. Kemudian pilih negara Indonesia, lalu klik search.

Informasi yang akan kita perlukan ialah search volume. Search volume ini maksudnya ialah jumlah pencarian di dalam sebulan untuk keyword yang kita masukkan tadi.

Di bagian bawah, akan muncul daftar keyword yang terkait dengan seed keyword yang kita masukkan tadi beserta volume pencarian per bulannya.

Kita tinggal memilih, keyword mana yang akan kita pakai dari daftar keyword terkait tersebut. Jika tidak ingin repot, kalian bisa mendownload list tersebut dengan meng-klik export to CSV di bagian bawah list.

 

Analisis Keyword

Memilih keyword yang akan menjadi target keyword kita. Di dalam file CSV tersebut berisi beberapa keyword beserta volume pencarian per bulannya. Ini bisa menjadi referensi kita untuk membuat sebuah konten yang mengandung keyword tersebut.

 

Itulah tadi beberapa langkah riset keyword secara sederhana menggunakan tool gratisan. Jika kalian tertarik, silahkan dicoba dan selamat mencoba! (fix)

 

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *