tugas hrd

Tugas HRD di Dalam Sebuah Perusahaan

hancau.net – Human Resources Development atau HRD merupakan sebuah divisi dalam perusahaan yang sangat vital keberadaannya. Kenapa? Karena salah satu tugas HRD ialah menjaga aset dan sumber daya perusahaan, yaitu karyawan.

Namun, apakah kalian tahu apa saja tugasnya di dalam sebuah perusahaan? Mari kita simak artikel berikut ini.

 

Tugas HRD dalam Perencanaan Bakat

Ini merupakan strategi komprehensif. Tugasnya ialah menyusun bagaimana perusahaan berencana untuk mempekerjakan, mempertahankan, dan mengembangkan karyawan mereka.

Di dalam lingkungan kerja yang serba cepat. Perusahaan harus memiliki pemahaman yang kuat, bukan hanya tentang apa yang dibutuhkan karyawan saat ini. Akan tetapi, bakat apa yang mereka perlukan di masa depan untuk mencapai tujuan akhir mereka. Di situlah perencanaan bakat berperan.

 

Tugas HRD dalam Rekrutmen

Selanjutnya adalah mengadakan proses rekrutmen atau perekrutan karyawan baru. Tentu saja setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk merekrut karyawan baru yang bisa diajak untuk memajukan perusahaan.

Tugasnya dalam proses rekrutmen ini ialah, harus menyortir ratusan surat lamaran kerja. Tentu saja proses penyortiran ini sesuai dengan kriteria dan syarat perusahaan.

Setelah itu, seorang HRD mulai memanggil para kandidat untuk mengikuti tes seleksi dalam rekrutmen.

Hingga akhirnya, terpilihlah kandidat yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan.

Proses rekrutmen ini cukup panjang karena seorang HRD harus benar-benar memilih the man on the right place. Kegagalan dalam proses rekrutmen tentu saja akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

 

Tugas HRD dalam Melakukan Branding Karyawan

Ini merupakan proses di mana seorang karyawan menginternalisasikan citra perusahaan ke dalam dirinya.

Bagi perusahaan, ini adalah strategi untuk menarik bakat terbaik untuk bergabung ke dalam perusahaan. Serta mempertahankan karyawan yang potensial.

Perusahaan dengan branding karyawan yang kuat, memiliki kekuatan untuk memiliki citra sendiri di dalam perusahaan mereka. Yang pada akhirnya setiap karyawan akan menjadi duta tersendiri terhadap perusahaan tempatnya bekerja ketika berada di luar.

Selain itu ini dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Berkontribusi pada manajemen yang solid, meningkatkan motivasi karyawan, dan mengamankan bakat yang tepat.

 

Pengeluaran Personalia

Menghitung gaji, pajak, dan jaminan kesehatan serta jaminan ketenagakerjaan merupakan tugas HRD yang vital.

Seorang HRD harus memiliki kemampuan numerik yang baik. Apabila salah dalam menghitung gaji, maupun pengeluaran perusahaan atas hak karyawan. Maka dapat membengkakkan beban keuangan perusahaan.

Baca juga : JPS KEMNAKER: Program Terbaru Pemerintah, Mirip Prakerja

Pengembangan Karir Karyawan

Pengembangan karir karyawan di perusahaan merupakan tanggung jawab dan tugas HRD. Oleh karena itu, seorang HRD memiliki tugas untuk merancang program pengembangan karir untuk karyawan.

Karyawan merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Ada beberapa macam bentuk pengembangan karir karyawan. Ada yang berupa cross training atau training posisi kerja dengan pertukaran antar departemen. Atau bisa dengan program beasiswa bagi karyawan.

 

Itulah tadi beberapa tugas HRD di dalam sebuah perusahaan. Terlihat ringan, namun akan berat dalam melaksanakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *