inspirasi blogger

Inspirasi Blogger Dalam Menulis Konten Tulisan

hancau.net – Salah satu tugas dan kewajibannya seorang blogger adalah selalu rajin bikin artikel untuk blognya. Tujuannya adalah untuk “menegaskan” kalau kita benar-benar serius dalam mengelola sebuah blog. Selain itu dengan banyaknya artikel terbaru, akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog. Kali ini saya akan mengulas sedikit inspirasi blogger dalam menulis sebuah konten.

Teori tidak semudah prakteknya. Oleh sebab itu, seorang blogger bisa saja mengalami kebuntuan ide saat mau bikin artikel. Hal ini terjadi karena berbagai sebab dan alasan. Mood yang buruk juga berpengaruh terhadap produktivitas seorang blogger. Merasa jenuh atau memang benar-benar sedang tidak memiliki inspirasi apa pun untuk membuat sebuah konten.

Lalu apa yang menjadi inspirasi blogger untuk menulis? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

 

Berikut Inspirasi Blogger Dalam Menulis

Beranda Media Sosial

inspirasi blogger melalui media sosial

Inspirasi blogger yang pertama ialah melalui beranda media sosial. Seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Kenapa harus lewat tiga platform medsos ini? Karena tidak dapat dipungkiri, 3 platform merupakan raksasa dalam hal penyebaran informasi di dunia. Selain itu, hampir semua orang pasti menggunakannya.

 

WhatsApp Grup

grup wa

Selain melalui beranda media sosial, inspirasi blogger yang ke dua dapat didapat melalui WhatsApp Grup. Sumber referensi yang satu ini cukup bermanfaat untuk memberikan inspirasi dalam menulis. Hampir semua hal sekarang ada grup WA-nya. Mulai dari keluarga, gang tempat kita tinggal, kelurahan, kecamatan, sekolah, dan banyak lagi lainnya.

 

Berita Terkini atau Viral

media online

Transformasi media cetak menjadi media online membuat dunia informasi di Indonesia semakin berwarna. Sebuah berita yang viral juga dapat menjadi inspirasi blogger dalam menulis. Walaupun kamu tidak memiliki menulis dengan dasar jurnalistik, namun tidak ada salahnya jika kamu juga ikut menyiarkan berita di blog-mu. Selain menambah konten, tulisan yang terinspirasi dari sebuah berita terkadang dapat menaikkan trafik blog.

Namun, yang menjadi catatan. Pastikan bahwa kamu selalu menuliskan sumber dari mana berita itu kamu dapat. Hal ini untuk mencegah terjadinya disclaimer dari media yang kita sadur tulisannya. Akan lebih baik lagi jika kamu parafrasekan semua berita tersebut dengan gaya tulisanmu.

 

Forum Online

forum online

Selain dari 3 hal di atas. Salah satu yang menjadi inspirasi blogger dalam menulis adalah forum online. Di dalam sebuah forum terkadang membahas berbagai macam hal. Nah, hal tersebut lah yang bisa kamu pilah untuk menjadi bahan referensimu untuk menulis sebuah konten.

 

Kehidupan Kamu

inspirasi blogger

Referensi yang terakhir ialah kehidupan kamu. Inspirasi blogger yang satu ini, kadang terlupakan. Kehidupan kamu bisa menjadi sebuah referensi besar dan original untuk dijadikan sebuah konten tulisan. Kamu bisa membuat sebuah daily blog yang isinya menceritakan kegiatanmu sehari-hari. Saya pribadi, memulai menulis blog dari kehidupan sehari-hari. Kemudian, saya tuangkan ke dalam catatan di buku. Setelah mengenal blog, barulah catatan itu saya salin ke dalam blog.

 

Semoga beberapa referensi inspirasi blogger di atas dapat membantu kamu dalam membuat sebuah konten tulisan. Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *