konsep fotografi makanan

Konsep Fotografi di Era Smartphone, Berikut Jenis-jenisnya!

hancau.net – Di era serba digital, segala hal menjadi begitu mudah. Begitu pula di dalam dunia fotografi. Konsep fotografi sekarang sudah tidak monoton seperti masa dahulu.

Beberapa tahun silam, untuk menekuni hobi fotografi Kamu harus memiliki kamera DSLR atau kamera poket. Sekarang tidak lagi begitu. Fitur kamera yang terdapat di dalam smartphone, membuat semua orang yang memilikinya seolah menjadi fotografer.

Seiring perkembangan teknologi smartphone, konsep fotografi juga mengalami perkembangan dan perubahannya pun terjadi dengan cukup signifikan.

Di dalam dunia fotografi muncul beberapa konsep dan teknik fotografi, dan smartphone sebagai alat utamanya. Penasaran? Yuk simak artikel berikut.

Fotografi Jalanan

Konsep yang satu ini cocok buat Kamu yang tinggal di area perkotaaan. Banyak tempat yang bisa Kamu jadikan spot untuk berfoto. Seperti jalan, pasar, stasiun, dan tempat umum lainnya.

Walaupun konsep ini tergolong tua, yakni sejak tahun 1890-an. Namun tidak lekang oleh waktu. Meskipun di Indonesia sendiri fotografi jalanan tergolong muda, baru berkembang di Indonesia sekitar tahun 1990-an.

Konsep fotografi ini berasal dari Eropa dan awalnya diperkenalkan oleh Eugene Atget. Sekitar tahun 1890-an hingga 1920-an Atget mengambil foto jalanan di kota Paris. Namun pada era tersebut, konsep yang digunakan oleh Atget hanyalah mengabadikan objek arsitektural. Sangat sedikit manusia di dalamnya.

Sekitar tahun 1940-an seorang fotografer asal Prancis yang juga dianggap sebagai pelopor dari foto jurnalisme modern, Henri Cartier-Bresson. Dia mulai memasukkan unsur manusia dan beberapa komposisi surealisme ke dalam foto-fotonya. Hingga saat ini, konsep fotografi seperti inilah yang populer dan berkembang.

fotografi jalanan
Fotografi Jalanan -SAXO 0039 РHernan Manuel Villa Рstreetphotographymagazine.com 

Fotografi Hitam Putih

Masihkah konsep ini populer? jawabannya bisa iya, bisa tidak. Karena fotografi adalah seni, dan penilaian terhadap suatu karya seni tergantung dari perspektif mana Kamu melihat.

konsep fotografi hitam putih
Fotografi Hitam Putih – Truk – Pixabay

Fotografi hitam putih merupakan salah satu konsep yang mempertegas nuansa dramatic vintage yang sangat populer di era millennial ini. Dengan menghilangkan warna pada foto sehingga menjadi hitam dan putih atau monokrom. Pada smartphone modern Kamu bisa menemukan mode monokrom saat mengabadikan momen.

Fotografi Minimalis

Konsep fotografi minimalis cocok bagi kamu yang tidak suka ribet. Sekitar abad ke-20, banyak fotografer menggunakan konsep ini. Konsep fotografi minimalis menggunakan komposisi seminimal mungkin. Sehingga, bagi para penikmat konsep ini akan mendapatkan pengalaman visual yang khas.

konsep fotografi minimalis
Fotografi Minimalis – Istimewa

Fotografi Makanan

Konsep fotografi yang satu ini cocok buat Kamu yang suka masak ataupun yang suka makan. Kamu harus bisa membuat makanan menjadi menarik dan terlihat lezat.

konsep fotografi makanan
Fotografi Makanan – freepik

Konsep fotografi yang satu ini, tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kamu perlu praktek agar terbiasa demi mendapatkan foto dengan ciri khas yang Kamu miliki.

Tidak perlu kamera canggih untuk menerapkan konsep fotografi makanan. Cukup dengan fitur kamera di smartphone kamu sudah bisa mewujudkannya.

Fotografi Alam

Walaupun sebutannya konsep fotografi alam, namun Kamu bisa melakukan ini di rumah dengan smartphone yang Kamu miliki.

Apabila Kamu memelihara tanaman hias atau tumbuhan lainnya, maka itu cukup untuk dijadikan objek foto. Atau ketika Kamu melihat bunga di pinggir jalan, Kamu bisa mengabadikan gambar tersebut.

fotografi alam
Fotografi alam – istimewa

Beruntungnya, beberapa smartphone di era sekarang sudah memiliki fitur yang mumpuni untuk mengambil gambar. Walaupun hanya dengan cahaya yang terbatas.

Fotografi Mode

Konsep ini sangat cocok bagi kamu penikmat fashion. Satu hal yang perlu Kamu ketahui, Kamu harus mengerti cara berpakaian.

Fotografi Mode
Fotografi mode – freepik

Walaupun umumnya fotografi mode kerapkali ditekuni oleh para fotografer profesional dengan kamera canggihnya. Namun, Kamu bisa melakukan ini hanya dengan smartphone. Tidak percaya? Silahkan kamu praktekkan di rumah dengan ber-selfie ria.

Fotografi Malam

Konsep yang satu ini cukup sulit, karena membutuhkan kamera smartphone yang cukup memadai untuk mengambil gambar dengan kondisi cahaya yang minim.

fotografi malam
Fotografi malam – istimewa

Jika Kamu memiliki smartphone dengan fitur night mode, maka itu sudah cukup untuk memaksimalkan kualitas gambar.

 

Itulah tadi beberapa konsep tentang fotografi yang bisa kamu coba menggunakan smartphone. Yang perlu kamu lakukan adalah berlatih dan terus berlatih. Ingatlah, usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *