Tolok Ukur Website

Tolok Ukur Website, Berikut Daftarnya!

hancau.net – SEO adalah proses jangka panjang. Jika kita baru saja menerapkan segala macam teknik on page dan off page SEO, tidak mungkin besok akan langsung masuk ke halaman pertama google. Dalam menjalankan teknik SEO, kita juga perlu memiliki tolok ukur website.

Tolok ukur website berguna untuk melihat perkembangan sebuah website. Apakah berkembang, ataupun jalan di tempat.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi tolok ukur dalam melihat perkembangan sebuah website.

tolok ukur website

Rangking atau Posisi

Ketika kita mengecek posisi website kita berada di pencarian google ada di halaman 50 atau posisi 5. Harapannya, setiap kali kita mengecek posisinya berubah. Cara mudah untuk mengontrol rangking, ialah dengan mengetikkan kata kunci yang kita miliki di halaman pencarian google.

Selain mencari kata kunci di google, kita juga bisa menggunakan tools. Ketik saja di pencarian, “keywords tagging tracker”. Tools ini dapat memantau rangking kata kunci kita secara otomatis.

Traffic atau Pengunjung

Tentu saja harapan kita, setiap hari pengunjung yang datang bisa semakin bertambah. Ada 2 tools yang bisa kita gunakan untuk mengontrol kunjungan di website. Google analytics dan google search console

Conversion atau Konversi

Ini maksudnya ialah, pengunjung yang datang untuk menuntaskan misi kita dalam membuat sebuah website. Misalnya, pengunjung yang datang kemudian melakukan transaksi di halaman kita. Seperti membeli barang di toko online yang kita buat.

Untuk memantaunya kita bisa menggunakan Google analytics yang telah dikoneksikan dengan fitur konversi yang ada di google analytics.

Namun sayangnya, pemantauan konversi ini tidak berlaku bagi media online atau blog informasi. Karena tujuan konversi ini ialah aksi yang dilakukan pengunjung kita di dalam website.

 

Itulah 3 tolok ukur website yang perlu kita pantau, sepanjang kita melakukan proses SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *