ikan cupang avatar

Ikan Cupang Avatar, Simak Awal Mula Kelahirannya

hancau.net – Ikan cupang avatar termasuk ikan cupang yang paling banyak peminatnya. Baik itu oleh kolektor maupun pelaku usaha ikan cupang itu sendiri.

Faktor utama kenapa ikan cupang jenis ini sangat menarik perhatian, ialah karena motif bintik biru di sekujur tubuhnya. Mirip seperti karakter yang ada di film avatar.

Selain itu, cara mengembangkannya pun tergolong cukup sulit. Hal ini menjadi salah satu faktor utama kenapa ikan cupang avatar tergolong mahal. Harga jualnya mampu menembus 3 juta rupiah.

Menurut kanal youtube Lazuardi Betta Concept, dari sekian banyak varian yang dikembangbiakkan. Hanya sekitar 30% berhasil menjadi ikan cupang avatar yang sempurna.

Kelahiran Cupang Avatar

Awal mula jenis ikan cupang  avatar ini tercipta dari kawin silang. Antara ikan cupang koi galaxy dan ikan cupang black mamba.

Bagi para pecinta cupang, pasti sering melihat ikan cupang avatar memiliki ekor redwash. Redwash ialah jenis ekor ikan cupang berwarna hitam, namun memiliki bias berwarna merah. Warna hitamnya tidak terlalu pekat, namun agak semu.

ikan cupang black mamba
Ikan Cupang Black Mamba – Foto: Istimewa

Ikan cupang black mamba hanya memiliki dua warna, hitam dan galaxy putih. Jadi, para peternak ikan cupang melakukan eksperimen. Untuk merubah warna hitam dan putihnya menjadi biru.

Untuk menciptakan warna itu, tentu saja tidak dengan mengawinkan silang antara black mamba dan ikan cupang berwarna biru. Kenapa?

Karena ketika black mamba kawin silang dengan ikan cupang yang berwarna biru. Hasilnya akan menjadi ikan cupang yang berwarna blok biru.

Para peternak lebih memilih kawin silang ikan cupang black mamba dengan ikan cupang koi galaxy. Itulah awal mula lahirnya cupang avatar.

ikan cupang koi galaxy
Ikan Cupang Koi Galaxy – Foto: Istimewa

Jadi, warna biru yang dimiliki oleh ikan cupang ini merupakan hasil kawin silang antara koi galaxy dan black mamba.

Namun sayangnya, tidak semua kawin silang antara 2 jenis ikan cupang di atas dapat melahirkan cupang avatar. Semua perlu proses yang cukup panjang, bahkan hingga bertahun-tahun untuk menciptakan gen avatar. Itulah mengapa cupang avatar memiliki harga yang cukup tinggi.

Secara genetik, cupang avatar dan black mamba adalah sama. Perbedaan yang cukup mencolok ialah warna galaxy yang dimilikinya.

Kenapa pula diberi nama avatar? Begini awal mulanya.

Jika ikan cupang jenis ini berwarna hijau, pasti tidak akan diberi nama cupang avatar, tapi ikan cupang hulk.

Kalau kamu pernah menonton film avatar. Karakter di film tersebut berwarna biru dan memiliki bintik menyerupai cahaya, nah itulah awal mula penamaan ikan cupang jenis ini.

karakter film avatar
Karakter di Film Avatar – Sumber: Istimewa

Lalu, ada juga yang membedakan cupang avatar dengan gordon. Sebenarnya dua jenis ini tidak ada bedanya, alias sama. Kenapa ada muncul nama cupang avatar gordon?

Gordon merupakan nama yang diambil dari Kapten Gordon, oleh salah satu peternak cupang Indonesia yang bernama Haris Haditia. Jadi, itu hanyalah penamaan saja.

haris haditia
Haris Haditia, pencetus nama ikan cupang avatar gordon – sumber: istimewa

Kami lansir dari kanal youtube Benny Benjoe. Menurut Haris, sang penemu avatar gordon, nama gordon adalah nama panggilan seorang teman.

Secara jenis dan genetik itu tetap sama, karena dihasilkan dari kawin silang yang sama pula.

Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil, cupang avatar selalu bergenetik black koi. Karena kawin silang antara galaxy koi dan black mamba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *