Daftar Tokoh Orang Kaya di Kalsel

Daftar Tokoh Orang Kaya di Kalsel

hancau.netKalimantan Selatan (Kalsel) menjadi salah satu provinsi yang menjadi lirikan para pengusaha. Baik itu dari dalam maupun luar daerah. Selain karena letak ibu kota baru yang dekat, Kalsel juga menyimpan begitu banyak kekayaan. Dari segi alam maupun budaya. Berikut daftar tokoh orang kaya di Kalsel.

Sebelum kita membahas daftar tokoh orang kaya di Kalsel. Perlu kita ketahui, bahwasanya beberapa tokoh berikut bergelut di berbagai sektor dan bidang. Mulai dari properti, pengadaan barang, pertambangan, dan lain sebagainya.

Sebagian dari mereka, ada yang sudah meninggal dan masih hidup hingga saat ini. Oke, tanpa banyak basa-basi lagi. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Abdussamad Sulaiman Haji Basirun

Pengusaha kelahiran 21 April 1948 ini akrab disapa Haji Leman. Dirinya merupakan pemiliki sekaligus pendiri kerajaan bisnis dengan merk Hasnur Group.

HAJI LEMAN

Hasnur Group sendiri bergerak di sektor pertambangan, kontraktor jalan, pelabuhan, pendidikan, perkebunan sawit, dan media massa.

Uniknya brand nama Hasnur Group diambil dari salah satu nama anaknya, yakni H. Hasnuryadi. Pria yang kerap disapa Hasnur ini juga merupakan salah satu pengurus PSSI Pusat.

Haji Leman, selain pemiliki klub sepak bola Kalimantan Selatan, Barito Putera. Dia juga menjabat sebagai salah satu petinggi partai Golkar di Kalimantan Selatan selama 3 periode. Sehingga, tidak heran jika dirinya dekat dengan sosok Abu Rizal Bakrie, Ketua Umum Partai Golkar.

Setelah mendirikan sekolah bertaraf internasional di kabupaten Barito Kuala, Global Islamic Boarding School (GIBS). Kini Haji Leman masuk ke dalam daftar salah satu orang paling berpengaruh di Kalimantan Selatan.

 

Drs. Zaini Mahdi

Pengusaha Batubara yang satu ini berasal dari Binuang, kabupaten Tapin. Sosoknya mungkin jarang muncul di media. Namun, ketika kita menyebut PT Batu Gunung Mulia (PT BGM). Maka kita akan tahu, bahwa itu adalah salah satu perusahaan tambang besar di Binuang.

haji ijai

Haji Ijai, begitu sapaan akrabnya. Dirinya merupakan pemain tambang lokal maupun luar Kalimantan Selatan.

Ketenaran beliau semakin menjadi perbincangan, ketika mendirikan rumah mewah di bahu jalan. Ada pula yang memperkirakan pembangunan rumah tersebut mencapai 40 miliar rupiah.

Hal yang unik tentang rumah mewah Haji Ijai, ialah terdapat beberapa pohon kurma di pekarangan rumahnya.

rumah haji ijai

Menurut kabar yang beredar, pohon-pohon tersebut didatangkan langsung dari Timur Tengah.

Selain itu, beliau juga membangun sirkuit balap Balipat yang terletak di Binuang.

 

H. Muhammad Ramlan

Daftar tokoh orang kaya di Kalsel selanjutnya ialah H. Muhammad Ramlan. Akrab dengan nama Haji Ramlan, dia adalah seorang pengusaha batubara, kayu, pemilik TV lokal, perhotelan, serta memiliki beberapa wahana rekreasi di Banjarmasin.

haji ramlan

Namanya semakin mencuat ketika beliau hampir maju sebagai calon gubernur Kalimantan Selatan di tahun 2010 lalu.

Kepopuleran Haji Ramlan semakin kuat, karena memiliki anak yang juga menjadi publik figur, Olla Ramlan.

olla ramlan

Olla, begitu wanita cantik kelahiran tahun 1980 ini kerap disapa, merupakan seorang selebriti, bintang film, model, dan presenter acara televisi.

 

H. Andi Syamsuddin Arsyad

Tokoh yang satu ini dikenal dengan nama Haji Isam. Awalnya merupakan seorang pekerja di bidang perkayuan, buruh muat, sopir angkutan, hingga menjadi tukang ojek pun sempat beliau rasakan.

haji isam

Pria kelahiran 1 Januari 1977 ini bukanlah berasal dari keluarga pengusaha. Namun, sekarang dirinya telah menjelma sebagai pengusaha besar dan menjadi salah satu orang terkaya di Kalimantan Selatan.

Usaha Haji Isam meliputi berbagai sektor. Salah satunya pertambangan, PT Jhonlin yang memiliki beberapa anak perusahaan lainnya yang tersebar di wilayah kabupaten Tanah Bumbu.

Kini kepopulerannya tidak hanya terkenal di kawasan Tanah Bumbu. Namun, terkenal luas di Kalimantan Selatan.

 

Anton Gunadi

Anton merupakan ketua umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia. Dirinya merupakan bos dari PT Bina Benua Group yang dulu pernah jaya di bidang perkayuan. Selain itu Anton merupakan pemilik dari CV Bina Benua, sebuah perusahaan ekspor kayu.

anton gunadi

Nama Anton Gunadi sempat menjadi bahan perbincangan, karena dugaan illegal logging 2006 hingga 2007 silam. Selain itu, dirinya pernah masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Ada pula isu yang menyebutkan kedekatannya dengan salah satu keluarga cendana, Tommy Soeharto.

 

Itulah tadi beberapa daftar tokoh orang kaya di Kalsel yang telah kamu himpun dari berbagai sumber. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada mis-informasi bisa isi komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *