Berita

Eiger, Youtuber, Kompetitor, dan Surat Keberatan, Apakah Drama?

hancau.net – Eiger merupakan pelopor penyedia perlengkapan outdoor. Bagi kamu yang berjiwa petualang atau pun yang suka naik gunung, Eiger bukanlah nama yang asing. Bahkan di kalangan masyarakat awam, Eiger menjadi salah satu merk favorit.

Namun, beberapa waktu terakhir nama Eiger sering disebut. Bukan karena kualitas barangnya yang ciamik, namun karena munculnya surat keberatan dari manajemen Eiger kepada salah satu youtuber Indonesia yang sedang mereview salah satu produknya.

Kasus ini menjadi viral setelah admin kanal youtube duniadian memposting surat yang dilayangkan kepadanya di instagram miliknya.

Berikut video review produknya.

Surat Keberatan

Di dalam surat tersebut ada 3 poin yang membuat pihak Eiger keberatan atas review produk dari duniadian. Antara lain kualitas video, suara noise di video, dan setting lokasi.

Aneh memang, terlebih video tersebut bukanlah tergolong video endorsement, melainkan review produk secara pribadi.

Namun, Kamis (28/01/2021). Secara mengejutkan akun resmi Eiger membuat cuitan terkait permintaan maaf atas surat keberatan pada 23 Desember lalu.

Melalui akun instagramnya, Dian Widiyanarko membalas,

“Oke. Sama sama. Semoga bisa jadi pembelajaran bersama. Banyak pelajaran berharga dari kasus ini. Soal PR, branding, handling crisis, dan sebagainya. Di era digital ini gak bisa pake cara-cara lama. Semua telah berubah, jauh berubah. Semoga jadi pelajaran berharga untuk lebih baik lagi kedepannya.”

Kompetitor

Namun, nasi telah menjadi bubur. Apa yang sudah terjadi dan dampak yang dihasilkannya tidak bisa semudah membalik telapak tangan.

Walaupun surat tersebut sudah diposting ke media sosial, namun tidak bisa mengalahkan viralnya surat sebelumnya. Mungkin karena kita, orang Indonesia lebih senang dengan hal yang berbau negatif. Mungkin.

Dengan sigap para kompetitor Eiger mengambil manuver tegas dengan melayangkan surat terbuka kepada seluruh konsumennya.

Dari kasus di atas, saya curiga akan satu hal. Mungkinkah ini hanya drama belaka?

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negeri drama. Mulai dari kisah percintaan, politik, hingga, di dalam wilayah kerja. Semua penuh drama.

Namun saya tidak ingin berburuk sangka, karena itu hanyalah kemungkinan kecil dari kasus tersebut.

Satu hal yang tidak mungkin bisa dipungkiri. Eiger menjadi trending hari ini di twitter, subscriber dan follower dari kanal youtube dan instagram duniadian tentu meningkat.

Drama kah ini? Silahkan kalian beri penilaian.

Share
Published by