Bisnis

Alur Prakerja 2021, Ada yang Baru dan Kamu Harus Tahu!

hancau.net – Gelombang Prakerja ke 12 baru saja usai beberapa hari yang lalu, karena telah memenuhi kuota. Kini, akan memasuki gelombang ke 13. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, alur prakerja 2021 mengalami sedikit perubahan.

Sebelumnya, saya ucapkan selamat bagi yang telah lolos gelombang ke 12 dan masuk ke tahap selanjutnya. Oke, tanpa banyak basa-basi lagi berikut alur prakerja 2021 yang harus kamu tahu.

 

Membuat Akun dan Mengisi Form Identitas

Awal pendaftaran masih sama, membuat akun dan mengisi form identitas. Sekadar pengingat, ada beberapa hal penting yang harus kamu penuhi.

Ingat! pendaftaran kartu prakerja resmi hanya di www.prakerja.go.id

Adapun hal penting dalam mendaftar prakerja adalah, alamat email, nomor NIK, nomor KK, dan nomor hape aktif.

Setelah membuat akun dan mengisi form identitas serta melakukan beberapa verifikasi, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah klik gabung pada gelombang yang tersedia.

Akun prakerja sedang dievaluasi – istimewa

Kemudian, tunggu hingga pendaftaran gelombang ditutup. Biasanya pengumuman paling lambat akan muncul 1 hari setelah pendaftaran ditutup.

 

Keputusan Berhasil dan Tidak Berhasil

Berikutnya, setelah gelombang pendaftaran ditutup, akan ada pengumuman berhasil dan tidaknya akun prakerja yang telah kita buat tersebut. Di sini, hanya akan ada 2 jenis tampilan layar yang muncul di dashboar prakerja kita, berikut penampakan gambar dan keterangannya.

Gambar ini menandakan bahwa kamu benar-benar tidak berhasil – dokpri

 

Gambar ini menandakan bahwa kamu kemungkinan besar akan berhasil, jadi sabar saja – istimewa

 

CATATAN: Jika layar di dashboard prakerja kamu menunjukkan gambar pertama, maka kamu tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini.

Mengikuti Ujian Pengetahuan Umum

Selanjutnya, jika akun prakerja kamu sudah benar-benar disetujui. Di bagian dashboard prakerja akan muncul beberapa pertanyaan seputar pengetahuan umum. Jawablah dengan hati-hati dan tidak perlu tergesa-gesa.

 

Panel Baru, Video Edukasi Prakerja

Ini yang terbaru di dalam alur prakerja 2021. Jika di beberapa gelombang sebelumnya hanya ada 3 panel. Maka, di tahun ini ada tambahan 1 panel, yakni ‘Video Edukasi’. Setelah kamu benar-benar lolos, maka layar dashboard kamu akan otomatis mengarah kepada panel Video Edukasi.

Panel baru prakerja – dokpri

 

Ada 3 buah video yang wajib kamu tonton, ini merupakan hal baru di alur prakerja 2021, karena sebelumnya tidak ada. Setelah 3 video tersebut kamu tonton, silahkan tunggu beberapa jam. Layar dashboard akan berubah dan saldo akan terisi senilai 1 juta rupiah.

Saldo 1 juta rupiah tersebut tidak dapat dicairkan. Uang itu harus kita gunakan untuk membeli pelatihan yang telah disediakan oleh beberapa platform yang ada di dashboard prakerja.

Video induksi prakerja – dokpri

 

Menyambungkan E-wallet atau Rekening Bank

Ini salah satu tujuan sebagian orang mengikuti program prakerja. Mendapatkan uang sebulan sekali sebesar Rp 600 ribu. Maka dari itu, hal yang harus kita lakukan adalah menyambungkan akun prakerja dengan rekening bank ataupun e-wallet yang kita punya.

Program prakerja mendukung beberapa metode pembayaran, antara lain Bank BNI (bukan BNI Syariah), LinkAja, Ovo, dan GoPay. Untuk detail penyambungan metode pembayaran akan muncul petunjuk saat kita akan menyambungkannya. Jadi, silahkan baca baik-baik petunjuk yang diberikan dan jangan tergesa-gesa.

 

Mengikuti Pelatihan dan Siap Mendapatkan Uang Bulanan

Ketika semua persiapan sudah selesai, maka silahkan beli pelatihan di salah satu platform yang telah disediakan menggunakan saldo 1 juta yang ada di akun prakerja kamu.

 

Saldo sudah terisi dan siap membeli pelatihan – dokpri

Jika pelatihan sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan rating dan komentar. Agar sertifikat kita cepat dikeluarkan. Sertifikat inilah yang menentukan pencairan dana Rp 600ribu tersebut.

Pelatihan dan sertifikat prakerja yang sudah masuk – dokpri

Ketikan sertifikat sudah masuk di dalam dashboard prakerja, kamu tinggal menunggu uang bulanan masuk sebesar Rp 600ribu.

Dana prakerja yang sudah masuk – dokpri

 

Bonus! Rp 50ribu per Survey

Selain Rp 600ribu per bulan, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 50ribu. Dengan cara mengisi survey yang akan muncul di dashboard kamu. Biasanya survey akan muncul setelah kamu mendapatkan 2 kali pembayaran. Survey tersebut ada sebanyak 3 kali. Jadi, rincian dana prakerja yang bakalan kamu terima adalah, Rp 600ribu x 4 bulan = Rp 2,4 juta ditambah Rp 50ribu x 3 survey = Rp 150ribu. Totalnya Rp 2,4juta + Rp 150ribu = Rp 2.550.000.

 

Itulah tadi beberapa alur prakerja 2021 yang terbaru. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Baca juga: Kartu Prakerja dan 5 Kesalahan

Share
Published by