catatan akhir kuliah

Ada Kearifan Lokal Kalsel di Film Catatan Akhir Kuliah

hancau – Jika kamu peyuka film, mungkin sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Catatan Akhir Kuliah, rilis pada tahun 2015 lalu.

Film ini bergenre komedi motivasi, walaupun ada sedikit bumbu-bumbu romantisme di dalamnya.

Dikemas layaknya sebuah skripsi yang merupakan ciri dari tugas akhir seorang mahasiswa. Film ini terdiri dari beberapa bab, seperti pendahuluan, isi, hingga daftar pustaka.

Jalan ceritanya tidak terlalu dibuat-buat, cocok buat anak SMA yang ingin mengetahui suasana kampus sebelum memasukinya. Walaupun, tidak semua kampus seperti di dalam film ini, namun cukuplah untuk menggambarkan secara kasar kehidupan mahasiswa.

Bumbu komedi terletak dari pemilihan diksi dari setiap skenario yang dibawakan oleh para aktor dan aktrisnya.

Film yang dibintangi oleh beberapa stand up komedian, seperti Muhadkly Acho dan Abdur Arsyad. Tidak ketinggalan juga youtuber Andovi da Lopez, dan musisi Budi Doremi turut serta menghiasi film ini.

Film Catatan Akhir Kuliah ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Sam Maulana. Namun, Jay Sukmo (Sutradara) & Johansyah Jumberan (Penulis skenario) melakukan banyak perubahan plot di film ini.

Secara keseluruhan film Catatan Akhir Kuliah ini bercerita tentang cinta dan persahabatan di dunia kampus.

Awalnya saya heran ketika melihat Ajeb (Abdur Arsyad) selalu menggunakan sasirangan di hampir setiap adegan. Saya rasa itu hanya kebetulan.

Namun, setelah satu setengah jam berjalan tiba-tiba muncul adegan yang menggunakan bahasa banjar. Seorang ibu-ibu yang memarahi anaknya karena tidak lulus kuliah.

Saya agak terkejut sekaligus bangga, rupanya Kalsel cukup dipandang juga di dalam dunia perfilman.

Walaupun hanya sekadar lewat saja, saya rasa itu cukuplah untuk mewakili kearifan lokal yang dimiliki oleh Kalsel muncul di salah satu film yang berskala nasional.

Buat yang penasaran sama film Catatan Akhir Kuliah, cus! Langsung saja nonton di channel nonton kesayangan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *