Peringatan Sumpah Pemuda

Peringatan Sumpah Pemuda di Tabalong Digelar Sederhana Dengan Terapkan Protokol Kesehatan

hancau – Pelaksanaan apel peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Tabalong digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Bersinar, Pembataan, Tabalong, Rabu (28/10) dilaksanakan dengan peserta yang terbatas.

“Peringatan kali ini mengambil tema Bersatu dan Bangkit, atas dasar pentingnya kebersamaan para pemuda agar tetap bisa produktif dan aman disaat pandemi Covid-19, ” kata Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, dikutip dari apahabar.com Rabu (28/10).

Ujar Anang lagi, seluruh generasi muda di Bumi Sarabakawa untuk terus-menerus bersama pemerintah selalu displin menerapkan protokol kesehatan.

“Kepada generasi muda diharapkan bisa berada di lini terdepan untuk memerangi hoax dan anarkisme, dan menjadi contohnya penerapan prokes di masyarakat, ” pintanya.

Lebih jauh Anang mengatakan, saat ini pemuda dan pemudi Indonesia tidak sedang berjuang melawan penjajahan secara fisik seperti di masa lalu, akan tetapi saat ini sebagai bangsa dihadapkan pada arus globalisasi yang telah sedikit demi sedikit menggerus jati diri bangsa.

Gempuran produk dan budaya luar semakin tidak terkendali dan sangat berpotensi melunturkan jiwa pemuda-pemudi Indonesia sesungguhnya.

“Kecintaan akan hasil karya dalam negeri terancam jika kita tidak segera berbenah,” menurut Anang.

Indonesia saat ini sangat membutuhkan karya-karya kreatif terbaik hasil olah pikiran, rasa, karsa pemuda-pemudi bangsa.

Karya-karya asli Indonesia inilah yang nantinya akan memperkuat daya saing Indonesia di kancah global.”Mari kita berkontribusi menghasilkan karya-karya terbaik hasil olah pikiran dan jiwa pemuda,” ajaknya.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Pada kesempatan inilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif.

“Saya harap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia” ujar Bupati Anang.

Apel peringatan hari sumpah pemuda ini diikuti peserta dari ASN, Mahasiswa, KNPI, PPM, GP Ansor, AMPI dan Pramuka serta Forkopimda.

Editor: