Rezeki Takkan Tertukar

Sungguh, rezeki setiap orang tidak akan pernah tertukar.

Oleh Agus Sopian

Dari Umar RA bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Andai kata kalian benar-benar bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana Dia memberi rezeki kepada burung, yaitu keluar dengan perut kosong di pagi hari dan kembali dengan perut kenyang di sore hari.” (HR Tirmidzi).

Hadis tersebut mengingatkan pentingnya sikap tawakal. Dengan tawakal, hidup akan dihiasi dengan ketenangan dan jauh dari rasa cemas. Tak sedikit manusia yang hari-harinya dipenuhi oleh rasa khawatir terhadap rezeki. Takut kebutuhannya tak terpenuhi.

loading...

Memang, sepanjang kehidupannya, kebutuhan dan keinginan manusia tidak akan ada habisnya. Tugas manusia hanya berusaha dan berdoa semaksimal mungkin, sementara Allah lah yang berkuasa dan berkehendak untuk mencukupkan semua kebutuhan.

Ketahuilah, hidup akan tenang saat yakin bahwa Allah telah menjamin rezeki setiap makhluk-Nya. Kita akan terhindar dari rasa iri melihat rezeki orang lain. Senantiasa bersyukur dengan apa yang dipunya. Tak khawatir dengan sedikit atau banyak rezeki yang diperoleh. Merasa cukup dengan yang ada. Dan selalu berusaha memperoleh rezeki yang baik dan halal.