Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu, Goa Karst yang Eksotis di Tapin Kalimantan Selatan

hancau Goa Batu Hapu, wisata alam karst yang memukau berada Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Pesona yang dimiliki goa karst ini sebanding dengan pengalaman yang ditawarkan bagi pengunjung.

Lokasi: Batu Hapu, Kec. Hatungun, Kab. Tapin.
Map:Cek Lokasi

Bukan hanya memiliki keindahan pada aliran sungainya saja, Kalimantan Selatan juga memiliki pesona lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Dan ketika Anda singgah di Kalimantan Selatan, Anda bisa mengunjungi Goa Batu Hapu. Destinasi satu ini akan memberikan Anda pengalaman serta nuansa petualangan yang kental. Simak ulasan selengkapnya sebagaimana dikutip dari laman borneos.id.

Menelusuri Goa Batu Hapu di Binuang Kalsel

Goa Batu Hapu merupakan salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang begitu menarik untuk dikunjungi. Seperti yang disinggung sebelumnya, tempat satu ini memang memiliki keunikan serta keindahan tersendiri. Seperti goa pada umumnya, Anda memang akan melihat stalagtit dan juga stalagmit yang begitu menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya karena keindahannya, goa satu ini juga memiliki asal muasal atau legenda yang semakin membuat penasaran. Adanya cerita legenda ini justru menjadi daya tarik yang membuat banyak wisatawan mengunjunginya. Dari cerita yang beredar, konon goa ini menyimpan cerita tentang seorang anak durhaka yang mirip cerita Malin Kundang.

Menurut cerita dan mitos tersebut, Goa eksotis ini terbentuk lantaran pecahan kapal sang anak durhaka. Anak tersebut dikenal dengan nama Angui, yang dikutuk oleh ibunya karena durhaka. Memang mirip dengan cerita Malin Kundang, dimana Angui yang memiliki ibu Nini Kudampai seorang janda miskin, akhirnya sukses setelah merantau.

Angui juga berhasil mempersunting seorang putri raja yang namanya Keling. Angui enggan mengakui ibu kandungnya saat kembali ke kampung. Lantaran murka, sang ibu kemudian mengutuk Angui menjadi batu yang berada di Goa Batu Hapu. Terlepas dari cerita mistis yang ada di baliknya, goa ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang menarik perhatian.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Batu Hapu

Setiap jengkal dari goa ini selalu menarik untuk dijelajah. Goa karst sendiri berada di tengah pegunungan yang membuat suasananya begitu asri dan sejuk. Pengunjung yang menjelajah goa ini harus menggunakan headlamp atau membawa senter. Sekilas goa ini memang tampak menyeramkan, mengingat ketika memandang ke dalam justru kegelapan yang menyambut.

Tetapi ketika cahaya matahari menimpanya, keindahan goa ini tidak bisa digambarkan dengan kata kata. Goa karst ini sendiri dari segi tampilannya memiliki mulut goa yang terbilang besar. Terdapat dua bibir goa yang terhubung dengan menggunakan tangga beton. Dengan begitu pengunjung bisa dengan mudah menjelajah keindahan goa ini.

Begitu masuk dan melewati mulut goa, Anda akan merasakan nuansa purba yang begitu kental. Seakan Anda dibawa kembali ke masa lalu, suasananya juga akan berbeda. Mungkin masih ada tersisa rasa was was, tetapi terdapat juga rasa penasaran dan excited yang membuncah. Terutama ketika Anda sudah melihat bebatuan runcing yang membuatnya makin eksotis.

Setelah itu barulah Anda bisa menyaksikan bebatuan unik di dalamnya. Pemandangan di dalamnya juga semakin menarik ketika cahaya matahari masuk di celah celah goa. Pengunjung akan langsung disuguhkan dengan stalaktit dan stalagmit yang begitu menawan. Adanya cahaya yang masuk di antara lubang ini menjadi spot foto para pengunjung di Goa Batu Hapu.

Bebatuan di dalamnya goa ini memiliki bentuk yang beragam dan begitu unik. Ada bebatuan yang bentuknya layaknya gumpalan besar yang terletak di sudut goa. Semakin masuk ke dalam goa, maka Anda bisa melihat bebatuan yang bentuknya semakin beragam. Dan batuan tersebut rata rata membentuk layaknya alat rumah tangga.

Tapi siapa yang menyangka jika dibalik bebatuan tersebut, terdapat jalan yang akan membawa Anda menuju bagian dalam yang juga memiliki tangga. Apabila Anda memperhatikan dengan sesama, pada bagian ini bentuk batunya mirip dengan perlengkapan kapal. Ini mungkin yang dimaksud dek kapal yang disebutkan dalam legenda asal usul goa ini.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Goa Batu Hapu

Seperti yang disinggung sebelumnya, lokasinya yang berada di tengah tengah pegunungan akan membuat Anda kerja keras. Goa Batu Hapu sendiri berada di Desa Batu Hapu, kec. Hatungan, Kab. Tapin, Kalsel yang dekat dengan Pasar Binuang. Jika dari kota Rantau Goa ini berjarak sekitar 43 km dan sekitar 154 km jika dari kota Banjarmasin.

Perjalanan dari Pasar Binuang masih menggunakan kendaraan yang jauhnya sekitar 16 km. Tenang saja kondisi jalannya sudah cukup bagus, dengan pemandangan kanan kiri khas nuansa pedesaan. Suasana alam pegunungannya juga begitu kental, begitu Anda memasuki kawasan untuk menuju ke goa batu ini.

Begitu tiba di lokasi wisata, pengunjung bisa langsung memarkirkan kendaraannya. Dan perjalanan ini dilanjutkan dengan berjalan kaki. Anda harus menaklukkan puluhan anak tangga untuk bisa di goa yang di tengah bukit. Pastikan Anda menyiapkan tenaga Anda untuk bisa menjelajah keindahan dari goa cantik ini.

loading...

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Goa Karst

Untuk menikmati wisata alam ini, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Harga tiketnya dibanderol hanya sekitar Rp. 2.500 saja. tentunya harga tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pengalaman dan keindahan yang Anda dapatkan. Tentunya harga tersebut belum termasuk dengan parkir kendaraan Anda.

Sementara untuk jam operasionalnya, secara teknis 24 jam dan akan buka sepanjang pekan. Pengunjung tentunya akan leluasa untuk mengatur waktu kapan akan mengunjungi goa cantik ini. Tetapi, mengingat lokasinya ada baiknya tidak berkunjung ketika hari sudah gelap. Anda tidak akan bisa melihat apapun, serta juga kurangnya penerangan menuju jalur goa ini.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Batu Hapu

Jika membicarakan tentang tempat wisata, maka fasilitas menjadi bagian yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Goa Batu Hapu sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa digunakan, yakni adanya jajaran lapo atau gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Anda juga bisa menemukan toilet umum di goa kebanggaan Kalsel ini.

Hanya saja, masih belum ada warung makan atau kios di sekitar wahana wisata goa ini. Untuk itu, ada baiknya jika Anda membawa bekal berupa makanan serta minuman terlebih dahulu. Cukup disayangkan juga, fasilitas di tempat ini terbilang tidak begitu terawat. Semoga saja seiring berjalannya waktu, ada perbaikan dan peningkatan dalam fasilitasnya.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Goa Eksotis

Mengunjungi goa satu ini Anda akan disuguhkan pemandangan goa yang menawan. Wisata ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang yang tinggi. Mengingat medan yang harus ditempuh juga bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Kendati demikian, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan.

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika mengunjungi goa ini adalah jelajah goa. Menjelajah setiap sudut goa tentunya membuat Anda bisa mengetahui keunikan dari lekuk goa ini. Perjalanan di dalam goa tentunya membutuhkan kehatian hatian super tinggi. Anda harus tetap fokus dalam melangkah, mengingat ada beberapa bebatuan yang licin.

Anda juga bisa sekalian hunting foto ketika mengunjungi destinasi ini. Pastikan untuk membawa kamera terbaik Anda dan dalam kondisi yang prima. Tentunya Anda akan mendapatkan foto foto menarik, baik itu di dalam atau sekitaran goa. Bebatuan di dalam sangat cocok untuk jadi objek bidikan kamera Anda.

Jangan lupakan untuk mengambil pose di bawah sinar matahari yang masuk. Berdiri di atas batu dengan cahaya yang menimpa tubuh Anda, tentunya akan menghadirkan potret yang instagramable. Nantinya Anda bisa mengunggah foto ini di sosial media sebagai dokumentasi atau kenang kenangan.

Sekitaran goa yang dipenuhi dengan pepohonan hijau juga menjadi spot yang pas untuk foto. Berdiri di atas bebatuan dengan latar pegunungan hijau tentunya bukan ide yang buruk. Selepas menjelajah dalam goa, Anda bisa bersantai atau beristirahat di gazebo yang ada. Udara yang sejuk dengan suasana yang tenang akan membuat semua penat Anda hilang.

Tips Berkunjung ke Goa Batu Hapu

Karena destinasi satu ini masih sangat alami, maka Anda tidak bisa pergi tanpa persiapan. Pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fits dan sehat saat akan menjelajah goa satu ini. Perjalanan trekking memang akan sedikit menguras tenaga Anda, begitu juga ketika berada di dalam goa. Mengukur kemampuan tubuh sangat penting untuk dilakukan.

Anda juga sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman, dengan alas kaki yang mendukung. Kondisi tanah di dalam goa terbilang lembab dan juga licin. Jangan lupakan juga untuk menyiapkan perbekalan baik makanan, minuman hingga obat obatan yang diperlukan. Tentunya akan lebih baik mencegah berbagai kejadian yang mungkin saja terjadi.

Goa satu ini merupakan aset wisata yang bernilai tinggi. Untuk itu diharapkan pengunjung juga ikut menjaga keindahannya. Sudah ada beberapa vandalisme di sekitar lokasi ataupun di dalam goa yang mengganggu. Anda yang membawa sampah, sebaiknya juga tidak membuang sembarang agar keindahan goa ini tetap terjaga.

Setiap orang memiliki selera tersendiri dalam melakukan perjalanan liburan. Tetapi hampir semua orang selalu suka melihat hal hal yang indah. Goa Batu Hapu akan memberikan banyak keindahan yang membuat siapapun takjub. Selain itu juga, Anda bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan saat mengunjungi goa satu ini.

Editor: