Pesan Terakhir Abah Guru Sekumpul

hancau.net – Di hari-hari terakhir Abah Guru Sekumpul, beliau pernah berpesan suatu hal di dalam ceramahnya.

Jika orang hanya menuntut ilmu, maka akan mendapatkan ilmu. Jika hanya orang mengamalkan wirid, maka akan diberi kasyaf. “Itu ngarannya nuurul awrad (cahaya wirid), kasyaf (melihat yang gaib),” ujar Abah Guru. Jika orang hanya menjadi Haddam (suruhan) seorang guru, maka akan diberi karomah dan berkah.

Jika ketiga amalan tersebut dilakukan, menuntut ilmu, mengamalkan wirid, dan menjadi suruhan seorang guru, maka lengkap lah semua.

Abah Guru Sekumpul bercerita, bahwa Guru Bangil pernah menjadi Haddam Syaid Amin. Guru Sya’rani pernah pula menjadi Haddam Umar Hamdan. Syekh Yasin juga pernah menjadi Haddam Syekh Isa Rawwaas. Guru Semman menjadi Haddam Guru Turki Syaifullah. Guru Husein Qadri menjadi haddam Kakek H. Adu.

Hal tersebutlah kenapa mereka semua yang disebutkan di atas mendapatkan karomah. Namun, kunci dan pondasi dari semuanya itu adalah ikhlas. Ilmu ikhlas sangat penting diamalkan di dalam keseharian kita. Walau amal ibadah kita sedikit, tapi jika dijalani secara ikhlas itu sudah cukup. (fix)

Sumber: Ceramah Abah Guru Sekumpul

2 Replies to “Pesan Terakhir Abah Guru Sekumpul”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *