6 Peristiwa Sejarah di Hari Pertama Ramadan, di Antaranya Masjid Nabawi Terbakar

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari pertama Ramadan mencatat banyak sejarah. Satu dari enam yang disajikan apahabar.com, adalah kebakaran hebat pernah menimpa Masjid Nabawi, Madinah.

Mengutip buku “Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Ramadhan” karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady, ada 6 peristiwa bersejarah yang terjadi di hari pertama Ramadan.
Berikut 6 peristiwa saat hari pertama puasa ramadan diperintahkan:

Inilah Percakapan yang Membuat Kaisar Romawi Ingin Membasuh Kaki Rasulullah SAW 

1. Turunnya Shuhuf (Lembaran) Ibrahim As.

Menurut perhitungan bulan Qamariyah, Shuhuf (Lembaran) Nabi Ibrahim As. atau kitab-kitab samawi ternama seperti Taurat, Zabur dan Injil diturunkan pada malam pertama bulan Ramadan.

Adapun Alquran diturunkan pada bulan Ramadan tepatnya saat malam lailatul qadar.

2. Kebakaran Menakutkan di Mesjid Nabawi

Kebakaran menakutkan pernah menimpa Masjid Nabawi, sebagaimana disebutkan Ibnu Imad dalam kitab Syadzarat Adz Dzahab (3/363), kebakaran tersebut terjadi pada 654 Hijriyah.

3. Pernikahan Rasulullah SAW dengan Zainab binti Khuzaimah

Rasulullah SAW menikahi Zainab binti Khuzaimah pada 1 Ramadan 3 Hijriyah. Peristiwa tersebut tercatat dalam kitab Tsiqaat (1/220).

4. Salat Istisqa Setelah Bencana Kekeringan

Rasulullah SAW memimpin salat istisqa di hari pertama bulan Ramadan 6 Hijriyah. Salat istisqa berjamaah tersebut dilakukan setelah wilayah Madinah ditimpa bencana kekeringan hebat. Peristiwa tersebut diabadikan dalam kitab Ats Tsiqqat (1/286) dan dalam kitab Al Masail.

5. Penaklukan Islam Merambah Mesir

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 1 Ramadan tahun 20 H bertepatan dengan 13 Agustus 641 M. Penaklukkan tersebut terjadi di masa kepemimpinan Amirul Mukminin Umar bin Khatab RA

Penaklukan itu dilakukan di bawah komando panglima besar ‘Amr bin ‘Ash RA.

6. Penaklukan Andalusia (Spanyol)

Penaklukan Andalusia terjadi pada 1 Ramadan 91 H. Hari itu bertepatan dengan tahun 710 M. Penaklukan di bawah komando Tharif bin Malik Al-Barbari di Pantai Selatan Negeri Andalusia, Spanyol.

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Nabi Pernah Siang Hari Penuh Berceramah

Penulis: Triaji Nazulmi

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *