4 Peristiwa Bersejarah di Hari Kedua Ramadan, Salah Satunya Kemenangan Ibnu Qalawun Atas Mongol

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada 4 peristiwa bersejarah yang disebut terjadi di hari kedua Ramadan, salah satunya Kemenangan An-Nashir Ibnu Qalawun Atas Mongol.

4 peristiwa itu diungkapkan Dr. Abdurrahman Al Baghdady dalam karyanya “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan”.

Berikut 4 peristiwa yang terjadi pada ramadan hari kedua:

1. Penaklukan Maroko Tengah

Penaklukan Maroko Tengah terjadi pada tanggal 2 Ramadan 82 H. Saat itu, pasukan Islam berada di Afrika Utara menghadapi serangan Romawi dari satu sisi dan serangan para prajurit Ratu Barbar yang waktu itu dikenal dengan Kahinah.

Setelah beberapa tahun lamanya pasukan Islam di bawah kepimimpinan panglima Muslim Zuhari bin Qais tidak mampu mengalahkan prajurit Romawi, kemenangan akhirnya diraih saat datangnya Al Hassan bin An-Nu’man yang bertekad menaklukan seluruh Negeri di Maroko.

2. Pertemuan Bilath Syuhada

Pertemuan Bilath Syuhada terjadi pada tanggal 2 Ramadan 114 H bertepatan dengan 26 Oktober 732 M.

Pertemuan Bilath Syuhada antara kaum Muslimin di bawah komando Abdurrahman Al-Ghafaqi, dan bangsa Eropa dipimpin oleh Carl Martal.

3. Menguasai Kepulauan Baleares

Pada tanggal 2 Ramadan tahun 405 H, Abu Ali Jaisy berhasil mengusai kepulauan Beleares di Spanyol, yang terletak di Barat Laut Tengah.

4. Kemenangan An-Nashir Ibnu Qalawun Atas Mongol

Sultan An-Nashir Ibnu Qalawun keluar dari Halab (Aleppo), ketika usianya belum genap delapan belas tahun, untuk menghadapi Mongol yang mengancam eksistensi kota Halab (Syaria sekarang) dan menang pada tahun tahun 702 H.

Penulis: Triaji Nazulmi

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *