7 Peristiwa Sejarah Sebelas Ramadan, di Antaranya Penganiayaan Mengenaskan Syekh Syafruddin

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada 7 peristiwa yang tercatat di hari kesebelas Ramadan, di antaranya penganiayaan mengenaskan Syekh Syafruddin.

Dikutip apahabar.com dari karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan” terdapat 7 peristiwa sejarah di hari kesebesar Ramadan, di antaranya:

1. Kedatangan Duta Bani Tsaqif kepada Rasulullah SAW

Pada tahun 9 H bertepatan dengan 21 Desember 630 M, datang duta Bani Tsaqif kepada Rasulullah SAW. Kepada Nabi Muhammad SAW mereka lalu masuk Islam.

Begitu juga pemimipinnya, Urwah bin Mas’ud.

2. Kemenangan Kaum Muslimin pada Pertempuran Buwaib di Irak

Kemenangan kaum muslimin pada pertempuran melawan Persia di Buwaib Irak terjadi pada tahun 13 H.

Persia mengirim pasukan di bawah komando Mahran bin Bazan. Mereka menyeberangi sebuah jembatan menuju suatu wilayah bernama Buwaib.

3. Syahidnya Sa’id bin Jubair

Di sebelas Ramadan pada tahun 95 H bertepatan dengan 714 M, Sa’id bin Jubair menjemput syahidnya di tangan Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqif (Pemimpin wilayah Irak.

4. Terbakarnya Pasar Labadin di Damaskus

Tertera di dalam kitab Ibnu Katsir “Bidayyah Wa An-Nahiyah” (13/200) mengisahkan kejadian pada tahun 618 H di Damaskus.

“Pada hari Senin tanggal 11 ramadan terjadi kebakaran besar di Labadin (yaitu pasar Labadin). Ketika wakil sultan saat itu, Pengeran Hisamuddin Lajin As-Salhadar turun langsung bersama sejumlah besar pembesar. Malam terjadinya kebekaran itu adalah menjadi malam yang sangat mencekam – semoga Allah melindungi kita dari keburukannnya. Selanjutnya masalah ini ditangani oleh Qadhi Najmuddin bin Nuhhas (yakni bertanggung jawab melakukan penyelidikan, pemberi ganti rugi dan lain sebagainya), dia melakukan perbaikan dan pemulihan serta membangun kembali bangunan pasar lebih baik dari sebelumnya. Segala puji dan sanjungan adalah milik Allah.”

5. Kematian Sang Diktator, Jengis Khan

Di antara peristiwa yang terjadi di hari kesebelas Ramadan adalah meninggalnya seorang penjahat perang paling sadis yang menjadi ujian berat bagi umat manusia.

Yang paling banyak menumpahkan darah, yang paling berani melanggar larangan, membakar kota-kota dan melanggar ladang-ladang pembantaian bagi ribuan orang, sampai-sampai namanya di kenal identik dengan kekuatan, darah, dan kehancuran.

Dialah panglima Mongol, Jengis Khan yang lahir pada tahun 549 H di Mongolia dari seorang ayah yang menjabat kepada suku Mongol, Qiyat.

Ia meninggal dunia di wilayah dekat Joe Watts pada tanggal 11 Ramadan 624 H bertepatan dengan 25 Agustus 1227 M, dan dimakamkan di Mongol.

6. Penganiayaan Mengenaskan Syekh Syafruddin Al-Yunaini Al-Ba’labakki

Dalam kitab “Al-Badiyah Wa An-Nahiyah” (14/20) disebutkan ada salah seorang imam, faqih, dan muhaddits, Syekh Syafruddin Al Yunani. Beliau mengalami penganiayaan mengenaskan hingga wafat pada Kamis 11 Ramadan tahun 701 M.

7. Syi’ah Shafwiyyah pada Pertempuran Syamahi

Pada 11 Ramadan 986 H bertepatan 11 November 1578 M, pasukan Utsmani meraih kemenangan atas kelompok Syi’ah Shafwiyyah pada pertempuran Syamahi di Qafqas.

Penulis: Triaji 

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *