11 Peristiwa Sejarah di 16 Ramadan, Salah Satunya Masuknya Rokok ke Maroko

apahabar.com, BANJARMASIN – Terdapat 11 peristiwa sejarah yang terjadi di hari ke-16 Ramadan, di antaranya masuknya kebiasaan merokok.

Hal itu dikutip apahabar.com dari karya Dr. Abdurrahman Al Baghdady dalam bukunya “Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan pada Rabu (28/4).

Ada 11 peristiwa sejarah yang terjadi diantaranya:

1. Puasa Pertama Kaum Muslimin di Kashmir

Kaum Muslimin di Kashmir menunaikan puasa untuk pertama kalinya pada keenam belas Ramadan tahun 409 H.

Puasa perdana ini dilakukan setelah seorang laki-laki dari kota Gazna bernama Sabak Takin berhasil mendirikan sebuah negara kuat di Afghanistan.

2. Dibunuhnya Seorang Murtad dan Sesat: Ibn Dabadib

Dalam sebuah kitab “Al-Bidayah Wa An-Nahiyah (14/273)” Ibnu Katsir menceritakan satu gambaran pelaksanaan Had (Hukuman Mati) terhadap seorang murtad yang telah menyeleweng dari Agama Islam.

Ibnu Katsir berkata, “Pada hari Jumat tanggal 16 Ramadan, Utsman bin Muhammad yang dikenal dengan Dabadib Ad-Daqqaq dibunuh dengan pedang berdasarkan kesaksian sekelompok orang -dan mereka tidak mungkin bersepakat atas kedustaaa-
bahwa dia (Dabadib) sering mencela Rasulullah SAW.”

3. Kelahiran Badruddin Al ‘Aini

Momentum kelahiran seorang ulama besar pada tahun 762 H yang bertepatan dengan tanggal 20 Juli 1362 M.

Orang terpilih dan satu-satunya ulama terkemuka pada masanya, pemuka ahli sejarah, yang juga seorang hakim agung. Dia bernama lengkap Badruddin Abu Muhammad Mahmud ibnu Ahmad Al-‘Ani.

4. Meninggalnya Fathimah binti Nashr bin ‘Athar

Dalam sebuah kitab “Al-Muntazham (10/227)” Ibnu Jauzi mengutarakan sebuah sirah (riwayat hidup) seorang perempuan suci dan shalihah, yakni Fathimah binti Nashr bin ‘Athar.

Dalam kitab tersebut Fathimah meninggal dunia pada hari Rabu tanggal 16 Ramadan tahun 573 H.

5. Meninggalnya Imam Ibnu Zamlakani, Faqih Besar dalam Madzhab Syafi’iyah

Di antara peristiwa hari ke-16 Ramadan tahun 727 H adalah meninggalnya seorang alim besar dan imam agung, Muhammad bin Ali bin Abdul Wahid Al-Anshari Ad-Dimasyqi Ibnu Zamlakani Abu Ma’ali.

Sebagaimana dalam kitab “Al-Kaminah (5/330)” ia adalah seorang alim pada zamannya dan juga pemimpin madzhab Syafi’iyah.

6. Meninggalnya Ahli Hitung dan Ahli Falak: Ahmad bin Ali Al-Ba’li Ibnu Al-Maqrizi

Di antara mereka yang meninggal dunia pada hari ke-16 Ramadan adalah seorang imam, alim dan sejarawan, yaitu Ahmad bin Ali bin Abdul Qadir Abu Abbas Al-Husaini Al-Ba’li (berasal dari Ba’labak).

Ia meninggal pada waktu Ashar, Kamis 16 Ramadan tahun 845 H, bertepatan dengan 27 Januari 1442 M.

7. Meninggalnya Ahli Fikih Hijaz: Muhammad bin Zhahirah, Guru Ibnu Hajar

Meninggalnya seorang ulama Hijaz pada Jumat 16 Ramadan tahun 817 H, yakni Imam Muhammad bin Abdullah bin Zhahirah.

8. Masuknya Rokok ke Maroko

Di dalam kitab “Al-Istiqsha La Akhbari Duwali Al-Maghribi Al-Aqsha (2/126)” menjelaskan fenomena menyebarnya rokok di Maghrib dan dari mana berasal.

“Pada tahun 1001 H, tembakau dibawa dari Sudan ke hadapan Manshur. Hari masuknya tembakau ke Marakisy adalah hari yang disaksikan seluruh penduduk kota. Kemudian tembakau dibawa kota Fas pada tahun 1007 H.”

Hal itu terjadi di hari Senin tanggal 16 ramadan saat masuknya tembakau dan disebarkan ke Fas (Maroko) tepanya pada tahun 1007 H.

9. Bai’at atas Saif Ibnu Sulthan Al-Ya’rabi sebagai Pemimpin Oman

Terjadi pada tahun 1140 H, Saif bin Sulthan Al-Ya’rabi dibai’at sebagai pemimpin Oman.

Sebelumnya terjadi persengketaan hebat antara Yu’rab bin Yu’rab putra Sulthan dengan salah seorang sepupunya bernama Saif ibnu Sulthan.

10. Kekalahan Napoleon di Hadapan Akka

Pada 16 Ramadan 1213 H bertepatan 20 Februari 1799 M, Napoleon Bonaporte diusir oleh Mamluk di Al-Arisy, kemudian dia takluk di hadapan ‘Akka.

11. Kelahiran Syaikh Hasanain Makhluf

Di 16 Ramadan 1307 H bertepatan dengan 6 Mei 1890 M, lahirnya seorang ulama besar, yakni Hasanain Muhammad Hasanain Makhluf, Mufti Mesir.

Penulis: Triaji

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *