Gebrak Masker di Banjarbaru, Benhard: Kesadaran Masyarakat Meningkat

Pjs. Walikota Banjarbaru, Bernhard Rondonuwu, saat kegiatan gebrak masker, Rabu (4/11)./Foto :Istimewa

BORNEO online, BANJARBARU – Program Gebrak Masker yang dilancarkan Pemerintah Kota Banjarbaru, sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, menunjukan hasil yang cukup positif. Kesadaran masyarakat semakin meningkat dalam menjalankan prosedur kesehatan saat berada di luar rumah.

Seperti kegiatan Gebrak Masker yang digelar di sekitar Taman Van Der Pijl Banjarbaru, Rabu (4/11/2020), hampir semua para pengguna jalan yang melintas di kawasan taman kebanggaan warga Banjarbaru tersebut, mengenakan masker.

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu mengatakan, dilihat dalam giat kali ini tingkat kesadaran masyarakat meningkat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru melaksanakan kegiatan gebrak masker di
Dalam pelaksanaan giat kali ini, Pemkot Banjarbaru menggandeng

“Kita sudah bisa buktikan diatas 95 persen bahkan boleh dibilang 98 persen warga masyarakat kota Banjarbaru sadar prokes, kita lihat bersama sudah banyak yang menggunakan masker,” ucap Bernhard yang dalam kegiatan itu Pemkot Banjarbaru menggandeng Dinas Perhubungan setempat.

Seperti diketahui, sebelumnya di tiap giat pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19, ditemukan hingga puluhan orang tak menggunakan masker.
Sedangkan dalam giat beberapa hari terakhir dan hari ini, hanya satu atau dua orang saja yang ditemui tidak menggunakan masker.
Hal ini sebanding dengan gencarnya Pemkot melaksanakan sosialisasi dan edukasi 3M, sehingga masyarakat kini paham salah satunya terkait pentingnya menggunakan masker.
“Kami dengan tupoksi dan pendekatan masing masing dengan komunikasi efektif disetiap SKPD melakukan hal yang sama (edukasi pencegahan Covid-19),” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie mengatakan sembari membagikan masker gratis, pihaknya juga mengedukasi terkait 3M. Yakni Menggunakan masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.
“Oleh karena itu kami menyampaikan kepada masyarakat harus punya masker karena virus ini tidak diketahui di mana dia berada,” ucapnya kepada media ini.
Dikatakan, kegiatan Gebrak Masker di lapangan Taman Van Der Pijl Banjarbaru itu difokuskan pada para pengguna jasa angkutan umum dan masyarakat pengguna jalan.

Editor: