Cara Menaikkan Domain Authority

Cara Menaikkan Domain Authority Secara Alami

hancau.net – Domain Authority merupakan takaran awal bagi sebuah blog atau website untuk bisa dilihat nilainya. MOZ membuat Domain Authority sebagai sistem peringkat untuk membandingkan beberapa website. Takaran ini pula lah yang kemudian menjadi parameter seberapa berharganya sebuah website. Ada beberapa cara menaikkan domain authority secara alami.

Selayang Pandang Terkait Black Hat SEO

Sebelum membahas mengenai cara menaikkan domain authority secara alami. Kita harus mengetahui bahwa ada cara lain untuk menaikkan domain authority secara tidak alami. Black Hat SEO, sebuah cara untuk menaikkan domain authority secara tidak wajar dan tidak alami. Bisa dengan berbayar, atau penanaman backlink yang salah.

Namun, alangkah baiknya jika kita memilih dengan cara menaikkan domain authority secara alami. Karena, hal ini akan berpengaruh kepada kepada tingkat kesehatan website tersebut. Menggunakan teknik Black Hat SEO dapat menyebabkan meningkatnya Spam Score pada web kita.

 

Permasalahan Utama

Menaikkan domain authority secara alami bukanlah hal mudah. Nyatanya, memakan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menaikkan domain authority secara alami. Hal ini menjadi tolok ukur pencapaian tersendiri terhadap seorang SEO Specialist.

Fakta menarik, banyak blogger tidak peduli dengan skor otoritas domain. Menurut mereka, jika blog mendapatkan banyak trafik, otomatis otoritas domain akan mengikuti. Pendapat seperti ini tidak sepenuhnya benar, dan tidak pula salah.

Semakin tinggi nilai domain authority sebuah website, semakin tinggi pula daya tarik dan kepercayaan blog untuk mesin pencari. Ini menunjukkan domain authority merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi rangking website.

Selain mempengaruhi rangking pencarian di google. Sebuah website yang memiliki domain authority yang tinggi juga berpeluang besar untuk memperoleh trafik yang tinggi.

Google selalu memprioritaskan website dengan nilai otoritas nama domain di hasil pencarian. Nah, untuk itulah, Kamu harus bekerja keras untuk meningkatkan otoritas domain.

 

Menaikkan Domain Authority Secara Alami

Ini adalah bagian yang paling kamu tunggu-tunggu. Ada beberapa cara menaikkan domain authority secara alami. Langsung saja kita simak penjabarannya.

 

1. Menerapkan Teknik SEO dengan Benar dan Sempurna

Cara alami untuk meningkatkan domain authority adalah dengan menerapkan teknik SEO dengan benar dan sempurna. Kenapa sempurna? Karena dengan cara yang benar saja belum cukup.

Bagi beberapa website yang masih menggunakan platform blogspot, cara ini dianggap sedikit sulit. Kenapa sulit? Karena untuk menentukan sebuah artikel itu SEO atau tidak, blogspot tidak memiliki parameternya tersendiri. Jadi, semacam harus meraba-raba.

Oleh karena itu, terkadang saya kagum kepada beberapa blogger yang berhasil menerapkan teknik SEO dengan sempurna walaupun web nya masih menggunakan platform blogspot.

Berbeda halnya jika kamu memiliki website dengan platform wordpress. Di wordpress disediakan beberapa plugin SEO yang dapat menunjang dan menilai sebuah artikel itu sudah memenuhi standar SEO atau belum. Tidak heran jika banyak dari penyedia layanan web di Indonesia yang merekomendasikan wordpress sebagai awal pembuatan sebuah website.

 

2. Konten Berkualitas

Selain Teknik SEO, konten berkualitas menjadi kunci utama. Konten berkualitas yang dimaksud di sini ialah bukan hanya sekadar dari segi penulisan artikel saja.

Dikarenakan patokan rangking pencarian kita adalah google. Maka, sudah sepatutnya konten berkualitas ialah konten yang benar-benar berguna bagi orang lain di seluruh dunia. Sebuah informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh google untuk melengkapi indeks halamannya.

Tidak salah jika banyak orang berpendapat bahwa konten adalah raja. Konten layaknya darah dan daging sebuah website. Jika tidak ada konten, situs tersebut akan dianggap tidak valid. Jika demikian, jangan pernah mengharapkan nilai domain authority kamu meningkat.

 

3. Media Sosial

Meningkatkan popularitas website di media sosial juga dapat meningkatkan domain authority. Media sosial seperti Twitter, YouTube, Instagram, Linkedin dan Facebook, serta situs media sosial lainnya adalah tempat berbagi artikel berkualitas untuk menarik pembaca.

Google menyediakan algoritma media sosial. Semakin populer situs Kamu di media sosial, maka domain authority akan meningkat seiring dengan peningkatan peringkat mesin pencari.

Jadi, pastikan Kamu selalu membagikan artikel terbaru di media sosial untuk meningkatkan jumlah pembaca dan visibilitas website.

Namun, demi kenyamanan pengguna media sosial lainnya, jangan terlalu intens berbagi artikel dengan konten yang sama. Agar tidak dianggap sebagai spam.

 

6. Tautan ke Dalam dan ke Luar

Ini dikenal dengan nama internal dan outbound link. Tautan ini berfungsi untuk membantu mesin pencari agar mengindeks website Kamu. Seperti yang telah  saya jelaskan di artikel sebelum nya yang berjudul Backlink dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis.

Sifat utama Google adalah selalu mencari halaman baru. Jika suatu website terhubung ke website lainnya, ini menandakan blog itu sedang bertumbuh. Google menyukainya. Dengan terhubungnya sebuah blog dengan blog lain, maka akan mudah terindeks dan ditemukan di Google.

 

7. Tautan Rusak

Tautan rusak atau biasa kita kenal dengan sebutan broken link, merupakan tautan yang sudah tidak aktif. Ini berhubungan dengan poin ke tiga di atas. Hal ini mempengaruhi kesehatan sebuah website. Website yang sehat akan menunjang naiknya domain authority website kamu secara alami.

Jika Kamu adalah pengguna blogspot, kamu dapat memanfaatkan tool dari beberapa situs tepercaya, yang menyediakan alat pemeriksa tautan. Namun, jika Kamu pengguna wordpress, Kamu dapat dengan mudah mendeteksinya menggunakan plugin.

Broken link atau tautan rusak akan dianggap spam oleh Google. Ini bukanlah sesuatu yang baik dan akan memberikan kesan buruk pada blog yang Kamu kelola.

 

8. Sabar

Salah satu faktor yang mempengaruhi nilai domain authority adalah umur domain itu sendiri. Jadi, sabar merupakan faktor X dalam meningkatkan domain authority secara alami. Jika Kamu baru saja menyewa nama domain, yang belum pernah didaftarkan. Kemudian kamu berharap mendapatkan domain authority yang bernilai tinggi, kemungkinannya akan sangat kecil.

Secara umum, semakin tua umur suatu domain. Maka, akan semakin besar peluang untuk meningkatkan domain authority suatu website. Itulah kenapa di kalangan blogger, ada istilah ‘ternak blog’.

Namun, perlu menjadi catatan. Bahwa domain harus aktif. Ini bukanlah domain yang menganggur setelah pembelian.

 

Jadi, itulah beberapa cara meningkatkan domain authority secara alami. Selamat mencoba dan bersabar. (fix)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *