Kualitas Pencarian

Kualitas Pencarian Oleh Google, Ini Rahasianya!

hancau.net – Google memiliki cara tersendiri untuk menilai kualitas pencarian sebuah website. Penilaian ini dikenal dengan istilah Search Quality Raters Guidelines. Ada sebuah konsep yang disebut dengan E-A-T, singkatan dari Expertise, Authoritative, dan Trusted.

Berikut penjelasan masing-masing konsep tersebut.

Expertise

Website memiliki konten yang lengkap. Kemprehensif, detail, dan tidak bertele-tele. Kita bisa ambil contoh wikipedia. Wikipedia selalu menempati halaman pertama, bahkan urutan pertama dari pencarian google. Ini karena wikipedia isinya sangat lengkap dan detail.

 

Authoritative

Website terotorisasi dan pemilik berhak menuliskan konten. Sebagai contoh website TripAdvisor, isinya adalah informasi tentang hotel dan tempat-tempat wisata. Informasinya pun ditulis oleh orang-orang yang memang pergi ke tempat tersebut. Ada foto dan ulasan yang detail.

 

Trusted

Website terlihat terpercaya. Ini merupakan faktor yang menunjukkan website kita secara keseluruhan harus terlihat terpercaya. Jika sebuah website sudah lengkap dan detail isinya, ditulis oleh seorang yang otoritatif. Namun, memakai template gratisan yang jelek. Tentu saja ini akan mengurangi rasa kepercayaan dari google.

 

Secara umum website kita harus memiliki 3 kriteria atau konsep tersebut agar masuk ke dalam kualitas pencarian google.

Editor:

One Reply to “Kualitas Pencarian Oleh Google, Ini Rahasianya!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *