Pontianak Zona Merah, Wali Kota Ajak Warga Taat Protokol Kesehatan dan Perkuat Imunitas

BORNEO online, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengimbau kepada warga di kota itu, agar tetap mentaati protokol kesehatan dan memperkuat imunitas diri dalam mencegah penularan Covid-19.

“Saya imbau kepada warga Kota Pontianak agar tetap mentaati protokol┬ákesehatan, seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun,” kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, dikutip dari Antara, Senin (2/11).

Selain itu, warga juga dimintanya agar memperkuat imunitas diri sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji melalui media sosial menyatakan Kota Pontianak saat ini masuk wilayah zona merah.

Karena menurut dia, dari 22 kasus kematian pasien terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 16 kasus di wilayah Kota Pontianak, kemudian. “Untuk Kalbar kasus Covid-19 meningkat tiga kali lipat, dan angka kematian meningkatkan empat kali lipat,” katanya.

Sutarmidji menambahkan, selaku Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar, dirinya berharap Pemkot Pontianak lebih gencar melakukan pencegahan, seperti menutup dulu tempat yang potensi kerumunan orang selama satu minggu.

loading...

“Saat ini yang sedang dirawat di rumah sakit lebih sekitar 200 orang,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kadinkes Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyediakan pelayanan rawat jalan khusus pasien Covid-19 di kota itu.

“Karena kami menyadari pasien Covid-19 yang OTG (orang tanpa gejala) dan yang melakukan isolasi mandiri juga memerlukan konsultasi dengan dokter dan untuk pembelian obat-obatan,” katanya.

Dia menjelaskan, pelayanan rawat jalan tersebut di Puskesmas Karya Mulia milik Pemkot Pontianak di Jalan Ampera.

“Yang jelas garda terdepan dalam hal ini adalah masyarakat itu sendiri, sementara petugas kesehatan adalah garda terakhir sehingga dalam hal ini adalah peran serta masyarakat dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sidiq kembali mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan menggunakan sabun.