8 Faskes Siap Layani Rapid Test Antigen di Banjarbaru

BORNEO online, BANJARBARU – Selama masa libur pergantian tahun 2021, pemerintah mewajibkan bagi wisatawan yang keluar daerah berpergian dengan pesawat harus menjalani rapid test antigen. Jenis tes Covid-19 ini berbeda dengan rapid test sebelumnya yang berupa rapid test antibodi.

Rapid test antigen atau swab antigen sendiri merupakan tes diagnostik Covid-19 untuk mendeteksi keberadaan antigen virus melalui sampel dari saluran pernapasan. Berbeda dengan rapid tes biasa yang hanya melalui sampel darah.

Pada awalnya, kewajiban pemeriksaan rapid test antigen sebagai syarat berlibur cukup menyulitkan masyarakat, termasuk juga di kota Banjarbaru. Memang di Bandara Internasional Syamsudin Noor sendiri sudah tersedia layanan rapid tes antigen ini. Namun, antrean yang cukup panjang masih dinilai cukup merepotkan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mendorong sejumlah fasilitas kesehatan milik swasta di wilayah Banjarbaru untuk membuka layanan rapid tes antigen tersebut.

loading...

Kepala Dinkes Banjarbaru Rizana Mirza, menyebut kini setidaknya sudah ada 8 fasilitas kesehatan milik swasta yang telah membuka layanan rapid tes antigen. Direkomendasikannya tempat-tempat ini, lantaran sudah dinyatakan memenuhi syarat dan prosedur.

“Ya, kami merekomendasikan 8 fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan pemeriksaan rapid tes antigen di Banjarbaru. Ada yang rumah sakit, klinik, dan laboratorium. Semuanya berstatus swasta,” katanya, dilansir dari Kanalkalimantan.

Berikut 8 faskes layanan rapid test antigen di wilayah Banjarbaru :

  1. Rumah Sakit Syifa Medika
  2. Rumah Sakit Umum Nirwana
  3. Rumah Sakit Permata Husada
  4. Rumah Sakit Al Mansyur Medika
  5. Rumah Sakit Mawar
  6. Klinik Borneo Lestari
  7. Laboratorium Klinik Medika
  8. Laboratorium Dr Tony.

Editor: Ghaf