bocah

3 Peristiwa Bersejarah di Hari Ketiga Ramadan, Satu di Antaranya Wafatnya Putri Rasulullah SAW

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada 3 peristiwa bersejarah di hari ketiga Ramadan. Salah satunya adalah wafatnya putri Rasulullah SAW, Sayidatina Fatimah Al Zahra.

3 peristiwa bersejarah tersebut diungkapkan Dr. Abdurrahman Al Baghdady dalam bukunya “Peristiwa-peristiwa Penting di Bulan Ramadan”.

Berikut 3 peristiwa yang terjadi di hari ketiga Ramadan:

1. Persiapan Perang Badar

Rasulullah menuju Badar daerah yang menjadi jalur lalu lintas kafilah dagang, terletak 32 km sebelah barat daya Madinah Al-Munawwarah pada 3 Ramadan tahun 2 H, bertepatan dengan 29 Februari 624 M.

2. Wafatnya Sayyidah Fathimah Az-Zahra

Pada 3 Ramadan tahun 11 H bertepatan dengan 21 November 632M adalah hari wafatnya Fathimah Az-Zahra RA. Beliau adalah putri Rasulullah SAW sekaligus suami Sayidina Ali KW, dan ibu dari dua cucu Rasulullah SAW, Sayidina Hasan dan Sayidina Husain RA.

Ada perbedaan tentang usia Sayidatina Fathimah ketika wafat. Ada yang berpendapat 27 tahun dan ada juga berpendapat 28 tahun, dan ada pula yang mengakatakan di usia 29 tahun.

Sayidatina Fathimah adalah orang pertama yang keranda jenazahnya ditutup dengan kain setelah jenazahnya diangkat.

Jenazah Sayidatina Fathimah dimakamkan di kuburan Baqi’ pada malam hari, yaitu malam selasa tanggal 3 Ramadan tahun 11 H.

3. Peristiwa Tahkim

Peristiwa tahkim pada tanggal 3 Ramadan tahun 37 H bertepatan dengan 11 Februari 658 H.

Disepakati Tahkim, yakni perjanjian damai untuk berhukum dengan Alqur’an antara Ali bin Abu Thalib RAdan Mu’awiyah bin Abi Sufyan RA setelah perang Shiffin pada bulan Muharam tahun 37 H.

Penulis: Amrullah

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *