Belum Terlambat, Lakukan 4 Amalan Ini di Hari Jumat

apahabar.com, BANJARMASIN – Hari Jumat memiliki keistimewaan bagi umat Islam. Banyak amalan-amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari yang dimuliakan ini.

Belum terlambat untuk mengerjakannya, simak 4 amalan sunah jumat yang apahabar.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Membaca Surah Al-Kahfi

Al-Kahfi adalah surat ke-18 urutannya dalam Alquran. Terdapat 110 ayat di dalamnya.

Selain pahala, mengamalkan surah Al-Kahfi akan disinari cahaya kebaikan dan mendapat keridhaan dari Allah SWT.

Waktu terbaik membaca surah ini adalah setelah subuh, namun pada jam di siang dan malam hari pun tetap dianjurkan.

2. Membaca Selawat Nabi

Ini adalah salah satu ibadah yang disukai Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam firman-NYA dalam surah Al-Ahzab yang menjelaskan:

“Sungguh Allah dan malaikat-NYA berselawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kalian untuk Nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS. AL-Ahzab : 56)

Mengamalkan selawat Nabi akan mendapat pahala hingga sepuluh kali lipat. Umat muslim juga akan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosa-dosanya.

3. Perbanyak Doa

Dalam berbagai sumber disebutkan, berdoa di hari jumat akan lebih mudah dikabulkan. Karenanya umat muslim dianjurkan memperbanyak doa-doa kepada sang maha kuasa.

Hadist riwayat Muslim (854) menyebutkan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa sebaik-baiknya matahari yang terbit ketika hari jumat.

Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

“Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu”

4. Mengamalkan Perbuatan Baik

Selain memperbanyak doa, kita juga disarankan agar selalu mengamalkan perbuatan baik kepada sesama.

Maka dari itu, ketika hari jumat tiba banyak masyarakat yang berlomba-lomba memberikan sedekah kepada kaum dhuafa atau warga yang kurang mampu untuk mendapatkan pahala berlipat.

Amal baik yang dilakukan pada hari jumat juga merupakan perbuatan mulia, sekaligus kewajiban bagi manusia untuk berbuat baik kepada sesamanya.

Penulis : Musnita Sari

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *