Rasulullah Pernah Melakukan Ini Saat Puasa di Cuaca Panas

apahabar.com, BANJARMASIN – Berpuasa di suhu udara yang panas pernah dirasakan Baginda Rasulullah SAW. Dalam cuaca panas tersebut, Rasulullah SAW memiliki cara tersendiri untuk mengatasi kelelahan beraktivitas.

Mengutip liputan6, Senin (3/5), seorang ulama bernama Ibnu Taimiyah dalam kitab Muntaqal Akhbar min Ahaditsi Sayyidil Akhyar menjelaskan cara Rasulullah menyegarkan diri di cuaca yang panas. Rasulullah disebut menyiramkan air ke kepalanya.

Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Imam Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud.

Dari Abu Bakar bin Abdurrahman dari seorang sahabat Rasulullah SAW ia berkata, “Aku melihat Nabi Muhammad SAW menuang air di atas kepalanya lantaran panas. Sementara Nabi sedang berpuasa.”

Hadist ini kemudian dijelaskan oleh Muhammad bin Ali As Syukani dalam Nailul Authar. Menurut dia, hadis yang mengungkapkan ‘menuang air di atas kepalanya’ menjadi dalil bolehnya seseorang menyegarkan diri di tengah hari yang panas saat berpuasa dengan menuangkan air ke sebagian atau seluruh badan.

Jadi ketika tak kuat menghadapi suhu panas, bisa mandi untuk menyegarkan diri. Hal ini dibolehkan selama tidak ada air yang masuk ke dalam lubang tubuh.

Sumber: Newswire

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *