belajar seo

Belajar SEO Ala Yoast di WordPress

hancau.net – Teknik Search Engine Optimization atau yang lebih akrab disingkat SEO merupakan senjata tersendiri dalam dunia blogging. Belajar SEO itu gampang-gampang susah.

Gampang, karena ada formulanya. Susah, karena menyusun formula itu harus membuat kita berfikir lebih. Seperti artikel ini.

Jika kamu pengguna platform WordPress, maka ada banyak tool yang disediakan oleh WordPress untuk menunjang SEO. Yoast SEO salah satunya.

Belajar SEO menggunakan Yoast sangat gampang, asal kita mau membaca dengan teliti setiap petunjuk yang diberikan. Sayangnya kesadaran membaca bukan budaya kita.

Selain mengatur tentang SEO, Plugin gratis ini juga mengatur tentang keterbacaan. Menarik memang, selain untuk mengatur optimasi pencarian. Yoast juga berfungsi untuk mengoreksi bentuk dan struktur kalimat yang kita tulis. Seolah mendapat guru menulis pribadi di hadapan kita.

Namun kali ini kita akan mengupas tentang SEO nya saja.

Hal yang menarik dari Yoast SEO ialah emoticon. Kenapa emoticon?

Emoticon inilah yang nantinya akan memberi tanda kepada kita saat mengoptimasi setiap artikel yang ada. Ada 3 warna emoticon yang digunakan Yoast sebagai penanda.

Merah, menandakan bahwa artikel yang kita tulis perlu perbaikan. Kuning, yang menandakan baik-baik saja (walaupun sepertinya masih perlu perbaikan). Kemudian warna hijau yang artinya bagus, dan inilah yang seharusnya menjadi tujuan kita saat optimasi.

Oke… tanpa banyak basa basi lagi. Mari kita simak beberapa poin penting di dalam mengoptimasi artikel menggunakan Yoast SEO.

Jumlah Kata

Sebuah artikel minimal mengandung 200 kata. Akan tetapi, yang direkomendasikan oleh Yoast minimal 300 kata.

Kata Kunci

Untuk menentukan kata kunci sebuah artikel sangat mudah. Kata kunci harus berada di judul (Di awal judul lebih diutamakan), paragraf pertama, meta deskripsi, dan terakhir di dalam atribut alternatif gambar utama. (Untuk lebih jelas terkait meta deskripsi, akan dipaparkan di poin selanjutnya).

Selain itu, pemilihan kata kunci disarankan menggunakan kata yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Jumlah Kata Kunci

Sebuah artikel minimal mengandung 2 – 6 kata kunci (untuk artikel sepanjang 200 – 300 kata). Jumlah ini bisa berubah, sejalan dengan jumlah kata yang kita gunakan di dalam sebuah artikel.

Tautan ke Luar dan ke Dalam Web

Hendaknya di dalam sebuah artikel perlu sisipkan tautan atau link ke dalam dan ke luar halaman web.

Judul SEO

Selain kata kunci SEO, ada juga yang namanya judul SEO. Ini letaknya berada di dalam kolom yang disediakan oleh Yoast. Judul SEO inilah yang nantinya akan muncul di halaman pencarian google.

Judul SEO haruslah mengandung kata kunci itu sendiri. Tidak boleh terlalu panjang, juga tidak boleh terlalu pendek.

Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi artikel kita di dalam halaman pencarian google. Selain harus mengandung kata kunci, meta deskripsi juga memiliki batasan wajib. Yakni, maksimal 140 karakter.

Judul Artikel

Panjang dan pendeknya sebuah judul akan mempengaruhi judul SEO. Sebuah judul artikel maksimal mengandung 80 karakter atau lebih kurang sekitar 12 kata.

Namun tidak disarankan untuk membuat judul artikel terlalu panjang. Karena itu akan berpengaruh kepada judul SEO.

 

Itulah 7 poin penting dasar di dalam Yoast SEO yang perlu kita ketahui. Setelah membaca ini, saya harap kita semua bisa mempraktekkannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Untuk lebih jelas, silahkan simak video berikut

One Reply to “Belajar SEO Ala Yoast di WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *