Bank Kalsel Luncurkan KUR Super Mikro Bantu UMKM Terdamdapk pandemi

BORNEO online, Banjarmasin – Bank Kalsel yang merupakan bank milik pemerintah daerah meluncurkan kredit usaha rakyat (KUR) super mikro untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Utama Bank Kalsel Agus Syabarrudin di Banjarmasin Selasa mengatakan, Bank Kalsel telah meluncurkan program baru bernama KUR super mikro, yaitu kredit usaha rakyat yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dengan plafon hingga Rp10 juta.

“Penyaluran KUR ini untuk meningkatkan dan memperluas penyaluran KUR kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” katanya.

Adapun sasaran penyaluran KUR super mikro antara lain ibu rumah tangga yang melakukan usaha produktif dan/layak dibiayai dan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja yang melakukan usaha produktif dan/layak dibiayai.

Menurut Agus, perbedaan KUR super mikro dengan lainnya antara lain persyaratan penerima lebih mudah dan sederhana, dibandingkan persyaratan kredit lainnya.

Sektor usaha yang dapat dibiayai oleh program ini, tambah Augs, lebih banyak, karena hampir semua sektor dapat dibiayai seperti pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, makanan dan minuman.

Selain itu, juga industri pengolahan kecil dan sektor usaha lainnya. Sesuai dengan namanya, KUR Super Mikro ini diharapkan dapat menjadi solusi super bagi pelaku usaha yang saat ini sedang berjuang ‘memperpanjang nafas usaha’ dalam memulihkan kondisi ekonominya maupun bagi yang ingin memulai usaha di situasi pandemi saat ini.

loading...

“Saat ini, dalam masa penerapan newnormal, usaha-usaha mikro dan kecil harus mulai bergerak dan mulai bangkit lagi. Usaha mikro dan kecil adalah yang paling mudah menciptakan peluang ekonomi di saat perusahaan menengah dan besar memutuskan hubungan kerja secara masif,” katanya.

Oleh karena itu, Bank Kalsel siap menyediakan permodalan kepada pelaku usaha mikro dan kecil dengan KUR Super Mikro.

Menurut Agus, program tersebut, merupakan upaya Bank Kalsel, untuk membantu menggenjot produk KUR yang telah ada sebelumnya dan berjalan dengan baik, sehingga tujuan utama untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional bisa terwujud.

Dalam hal Bank Kalsel dipercaya untuk menjadi mitra pemerintah dalam upaya menyalurkan dana pemulihan ekonomi nasional, Bank Kalsel siap menyambut dengan penyaluran dana ke sektor yang memang menjadi prioritas.

Hal ini sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi dengan KUR super mikro yang mudah persyaratannya, murah bunganya dan tanpa disyaratkan jaminan tambahan.

Editor: