Balangan Deklarasikan Disiplin Prokes

Plt Bupati Balangan, H Syaifullah menghadiri apel deklarasi pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) di halaman Mapolres Balangan. Foto-Istimewa

BORNEO online, PARINGIN – Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Untuk mengantisipasi dan memperkecil penyebarannya, Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar deklarasi pendisiplinan protokol kesehatan (prokes), Senin (28/9).

Acara yang dilaksanakan di halaman Mapolres Balangan itu, selain dihadiri Plt Bupati Balangan, H Syaifullah, kegiatan juga diikuti Forkopimda, Plh Sekdakab Balangan Erwan MKL, serta jajaran Kepala SKPD. juga diikuti ormas dan sejumlah komunitas.

Penegakan protokol kesehatan di Balangan masih terus aktif berjalan. Seperti yang dilakukan Polres Balangan bersama Pemkab Balangan mendeklarasikan komunitas untuk pendisiplinan protokol kesehatan. Sejumlah komunitas dan organisasi terlibat sebagai relawan sekaligus pelopor penanganan dan pencegahan Covid-19 di Balangan.

“Dalam sosialisasi kami mengajak semua elemen masyarakat berperan aktif dalam menegakkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan melakukan sosial distancing sudah menjadi kewajiban,” kata Plt Bupati Balangan, H Syaifullah.

“Siapa pun kami harapkan bisa jadi pelopor dalam penegakan protokol kesehatan di saat sekarang ini. Kami optimis dengan gotong royong, penyebaran Covid-19 di Balangan dapat diminimalisir,” tegasnya.

Sementara Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid menyampaikan, melalui deklarasi ini ia berharap para komunitas dapat mengajak para anggotanya untuk mengenakan masker.
Melalui komunitas pula, informasi penggunaan masker untuk pencegahan Covid-19 juga bisa dihantarkan kepada masyarakat.

“Tujuannya untuk mendisiplinkan masyarakat khususnya penggunaan masker di komunitasnya masing-masing,” ucap AKBP Nur Khamid saat memimpin apel deklarasi.

Terlebih, ucapnya, pada beberapa komunitas ada pula yang menangani tempat wisata.

Lantas, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi wisata, upaya penegakan protokol kesehatan harus dilakukan.

Disebutkan Kapolres, sekitar 80 persen warga Balangan dianggap telah mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Sementara sisanya secara bertahap akan terus ditertibkan.

“Kedepannya, masyarakat secara sadar menjalankan protokol kesehatan dan berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Balangan,” pungkasnya.

Diketahui, komunitas yang hadiri d iacara itu seperti komunitas adat, trail, Gepak, PSHT, Pemuda Pancasila dan GP Anshor. Dan pembacaan deklarasi tersebut dilakukan secara simbolis di halaman Mapolres Balangan. (rel)