Manfaat Tidur

Manfaat Tidur dalam Suasana Gelap

hancau Menjalankan aktivitas seharian, tentu membuat tubuh kita terasa lelah. Maka dari itu, Allah SWT telah menyiapkan malam untuk kita beristirahat.

Jika kita gunakan waktu istirahat itu dengan sebaik mungkin, keesokan harinya, kita akan merasakan tubuh yang lebih segar kembali. Dan kita dapat menjalani aktivitas dengan penuh semangat.

Tapi, banyak orang yang mengeluh akibat ketidaknyamanan saat bertemu waktu istirahat. Maksudnya, ia merasa selalu saja kurang tidur. Padahal, waktu malam cukup panjang.

Dan tidur yang baik tidak akan menghabiskan waktu hingga belasan jam. Melainkan, saat kita sudah tertidur pulas, dan terbangun tidur itu sudah lebih dari cukup.

Kesalahan kita yang sering mengeluh akibat tubuh terasa lemas walau sudah tidur, salah satunya karena tidak mematikan lampu saat tertidur. Padahal, Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk melakukan hal tersebut.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Padamkan lampu pada malam hari jika kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah wadah-wadah makanan dan minuman,” (Diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdillah).

Seruan dari Rasulullah ﷺ ini mengandung hikmah yang amat luar biasa. Salah satunya dari masalah kesehatan. Apa itu?

Kondisi gelap, nyata lebih mengusir kelelahan daripada tidur dalam keadaan terang benderang penuh cahaya. Mengapa demikian? Sebab, otak tidak merasa rileks selama masih ada cahaya terang dalam ruang peraduan.

Seorang ahli biologi pernah mengatakan, bahwa dalam kondisi gelap tanpa cahaya tubuh memproduksi hormon melatonin. Hormon melatonin merupakan salah satu hormon kekebalan, yang mampu mencegah tubuh terjangkit kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria.

Jadi, ingin tidur Anda berkualitas? Matikan lampu sebelum tidur.

Editor: