kota saranjana

Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan Selatan

hancau.net – Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah kota. Lebih tepatnya, kota gaib di Kalimantan Selatan. Orang-orang menyebutnya Kota Saranjana.

Kota Gaib Saranjana, terletak berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Bagi masyarakat setempat, kota ini sudah melegenda sejak puluhan tahun yang lalu.  Letak persis Saranjana diyakini berada di Desa Okaoka, Kecamatan Pulaul Laut Kepulauan, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tidak Seperti kota-kota lainnya yang ada di Kalimantan Selatan, kota ini konon memiliki teknologi yang canggih serta dikelilingi gedung-gedung bertingkat. Dihuni oleh pria dan wanita yang memiliki paras tampan dan rupawan. Namun secara fisik, Saranjana hanya terlihat sebagai sebuah bukit yang ditumbuhi pepohonan dan langsung bersebelahan dengan laut.

Saat ini nama Saranjana tidak ada di dalam peta. Namun, di tahun 1845 seorang naturalis asal Jerman bernama Salomon Muller membuat peta berjudul ‘Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo’ yang artinya, ‘Peta Wilayah Pesisir dan Pedalaman borneo’.

Peta tersebut ada menggambarkan sebuah wilayah yang bernama Tanjung Saranjana. Tanjung ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut, berbatasan dengan Pulau Kerumputan dan Pulau Kijang.

Kota Saranjana terkenal pula dengan keangkerannya, yang mana banyak orang yang menghilang secara misterius di sekitar pulau tersebut dan banyak pula orang lain yang berkeyakinan bahwa orang-orang yang hilang tersebut sudah pergi ke Kota Saranjana.

Cerita tentang Kota Saranjana ini pun cukup melegenda, walaupun hanya dari mulut ke mulut. Banyak orang luar dan warga local yang mempercayai hal tersebut. Tidak sedikit pula dari mereka yang mengaku pernah masuk ke dalam Kota Saranjana. Namun, pembuktian secara ilmiahnya belum ada hingga sekarang.

Banyak cerita-cerita misterius terkait Kota Saranjana, berikut beberapa kisahnya

  1. Pemesanan alat berat

Sekitar tahun 1980an Pemerintah Daerah Kotabaru dikejutkan dengan kedatangan alat-alat berat yang didatangkan dari Jakarta, dimana seluruh alat berat tersebut sudah dipesan oleh seseorang yang berasal dari Kota Saranjana dan juga sudah dibayar lunas.

 

  1. Konser Ada Band

Grup sekelas Ada band turut mengalami pengalaman misterius saat mengadakan konser di sebuah daerah terpencil daerah Kotabaru, yang kemudian diyakini bahwa itu adalah Kota Saranjana. Kejadiannya sekitar 2005 lalu, tiket yang terjual 7000 – 8000 buah. Namun ketika konser berlangsung, orang yang menonton pertunjukkan mereka mencapai hingga 14.000 orang. Normalnya ketika kita nonton konser, harusnya heboh dan sejenisnya. Akan tetapi berbeda dengan penonton konser Ada Band saat itu, mereka hanya diam dan dingin.

Di tengah-tengah konser, panitia meminta penonton untuk bergeser sedikit ke sisi sebelah kiri. Namun, mereka yang di panggung melihat bahwa di sisi kiri sudah penuh orang.

Hal aneh lainnya, saat Ada Band turun dari panggung seketika itu juga orang yang 14.000 itu pun hamper lenyap semua. Padahal pintu masuk dan keluar hanya satu.

 

  1. Suara misterius di malam hari

Pada malam hari di sekitar bukit Saranjana, jika kita diijinkan kita bisa mendengar suara-suara yang tidak lazim didengar di sekitar perbukitan. Seperti suara mobil, musik, dan bunyi ramai lainnya. Konon kabarnya di Kota Saranjana banyak ditemui mobil-mobil mewah yang dipesan langsung dari Surabaya.

 

  1. Hilangnya penumpang kapal ferry

Pernah suatu waktu, kapal penyeberangan dari Tanjung Serdang, Kotabaru menuju Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu mengalami hal yang aneh. Penumpang penuh saat berangkat, dan ketika sampai ferry itu mendadak sepi dari penumpang. Beredar kabar bahwa para penumpang itu adalah warga dari Kota Saranjana.

 

  1. Pria tampan dan wanita cantik

Menurut kabar yang beredar, para penduduk Kota Saranjana ini tergolong pria tampan dan wanita cantik. Menurut kesaksian beberapa warga, bahwa warga Saranjana secara fisik sama dan menyerupai manusia pada umumnya. Bahasa yang digunakan pun menggunakan Bahasa Banjar.

Jika seseorang sudah masuk ke Kota tersebut, dia seolah tidak ingin meninggalkan kota itu.

Itulah beberapa kisah yang beredar dari mulut ke mulut tentang Saranjana, Kota Gaib yang berada di Kalimantan Selatan. Kebenarannya pun hingga sekarang masih dipertanyakan. Entah benar itu ada atau hanya legenda belaka. Gimana menurut kalian? (fix)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *