vaksinasi

Jubir Vaksin Beberkan Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Nasional

hancau, Jakarta – Pemerintah akan terus melakukan edukasi terkait pentingnya vaksinasi, yang akan berguna tak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain misalnya keluarga.

“Dengan vaksinasi akan ada tiga keuntungan,” ujar Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Pertama, mendapatkan vaksin artinya mendapatkan perlindungan. Kedua, jika bisa semakin banyak vaksinasi sesuai sasaran 90% atau 100% akan muncul kekebalan kelompok. Hal ini akan melindungi kelompok lain, misalnya usia di bawah 18 tahun. Sebab vaksinasi usia tersebut belum bisa dilakukan.

“Ketiga tentunya vaksin memberikan perlindungan diri sendiri. Dengan vaksin, diri menjadi lebih siap, jika hadapi covid-19,” katanya lagi.

Edukasi ini, lanjutnya, melalui strategi komunikasi tepat sesuai sasaran serta dukungan dari kader kesehatan. Mereka yang akan menjelaskan tentang manfaat vaksin yang akan dilakukan setelah kick off vaksinasi sesuai jadwal keluar izin BPOM.

Terkait kapan pelaksanaan, dia memastikan bahwa vaksinasi akan dilakukan setelah izin rekomendasi penggunaan darurat disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Tengah Januari paling lama sudah dapat izin, terkait tanggal akan disampaikan pastinya pada waktu yang kita bisa lihat,” katanya.

Saat ini secara paralel, pemerintah tengah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi. Di antaranya memastikan rantai distribusi dan rantai cold chain untuk penyimpanan dan saat pelaksanaan tetap terjamin. Sehingga vaksin dari gudang yang dikirim ke seluruh Puskesmas bisa diterima.

“Kita sudah verifikasi, kajian di awal. Di provinsi dan kab/kota juga kulkas penyimpanan sudah tersedia dan tak ganggu imunisasi rutin. Sudah dipastikan kesiapan,” tutupnya.

Editor: Ghaf

Editor:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *