Teknik SEO On Page

Teknik SEO On Page

hancau.net – Kali ini kita akan mengenai teknik SEO On Page. Walaupun isi artikel ini hampir mirip dengan Belajar SEO ala YOAST. Namun, ada beberapa hal mendalam lagi yang perlu kamu tahu.

Jika kita ibaratkan sebuah ember yang berisi air. Ember yang penuh adalah website yang berkualitas dan akan menempati halaman nomor 1 google.

Ember yang lebar adalah website yang memiliki konten yang kaya. Sementara air yang mengalir dari kran, adalah backlink atau off-page SEO atau rekomendasi yang datang dari luar.

Terkadang kita memiliki ember yang lebar, akan tetapi air yang didapat tidak seberapa dan tidak bisa penuh. Hal ini kemungkinan karena ember kita bocor. Kebocoran-kebocoran ini adalah beberapa hal teknis yang perlu kita perhatikan. Agar google bisa menelusuri wabsite kita dengan lebih mudah.

Ada 7 bagian teknis yang paling penting dari beberapa banyak bagian teknis lainnya.

Judul Meta

Teknik SEO On Page yang pertama adalah judul atau judul meta. Kenapa?

Karena judul adalah salah salah satu faktor penentu rangking google. Artinya jika kamu menargetkan sebuah kata kunci, namun kamu tidak meletakkan kata kunci tersebut ke dalam judul. Google tidak akan meletakkan website kamu ke dalam pencarian di halaman pertama saat kata kunci ini dicari.

Selain itu, judul adalah hal pertama yang dilihat oleh para pengguna saat mencari di google.

Ada beberapa tips untuk mengoptimasi sebuah judul

  • Judul harus unik

Setiap halaman di website kamu tidak boleh memiliki judul yang sama atau mirip.

  • Judul mengandung keyword

Letakkan keyword tersebut di bagian paling kiri, atau paling depan dari judul.

  • Panjang judul

Panjang judul disarankan tidak lebih dari 50 – 60 karakter

  • Mengandung Clickbait

Sebuah judul harus memancing orang untuk mengklik

Meta Deskripsi

Meta deskripsi merupakan salah satu dari teknik seo on page yang penting. Deskripsi sebuah halaman haruslah menjual. Serta mengandung kunci yang kita targetkan. Panjang sebuah deskripsi maksimal 150 – 160 karakter.

URL

Membuat URL tidak sulit. Beberapa kriterianya ialah,

  • Mengandung kata kunci yang kita targetkan
  • Jangan terlalu panjang, maksimal 3 hingga 4 kata
  • Gunakan tanda (-) sebagai pengganti spasi

Internal Link

Internal link penting. Teknik seo on page yang satu ini membantu google menemukan konten lain di website kita. Selain itu juga dapat membantu pembaca untuk tetap betah berada di website kita.

Bentuk link bisa berupa kata-kata di dalam paragraf atau tulisan artikel terkait. Jumlah link tidak perlu terlalu banyak.

Heading Structure

Di dalam praktek teknik seo on page, halaman itu harus dibagi menjadi beberapa bagian. Bisa berupa subjudul, subbab, dan beberapa sebutan lainnya.

Jika halaman kita memiliki heading structure yang benar, maka mesin pencari google akan melihat itu sebagai daftar isi.

Mobile Friendliness

Artinya website kita harus mudah dan bagus saat diakses melalui handphone. Hal ini disebabkan 70 – 80 % pengguna di Indonesia mengakses internet melalui handphone.

Beranjak dari kebiasaan pengguna, google mengubah algoritmanya. Beberapa website yang tidak mobile friendly akan hilang dari pencarian secara mobile.

Untuk mengetahui sebuah website itu mobile friendly atau tidak, kita dapat menggunakan Google Search Console.

Loading Speed

Teknik Seo On Page yang terakhir adalah mempercepat loading speed website. Kita tentu tidak suka, jika masuk  ke sebuah website loadingnya lama. Mesin pencari pun juga begitu.

Google tidak menyukai sebuah website dengan loading yang lama. Oleh karena itu, kita harus mengoptimasi kecepatan website kita. Untuk mengetahui kecepatan sebuah website kita dapat menggunakan Google Pagespeed Insight.

 

Itulah tadi beberapa teknik SEO on page yang menurut saya cukup penting. Sebenarnya masih banyak lagi beberapa teknik SEO on page yang bisa dipelajari. Selamat mencoba!

One Reply to “Teknik SEO On Page”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *