Plt Gubernur Kalteng : Food Estate Konsep Pengembangan Pangan Terintegrasi

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya meninjau kawasan pembangunan dan pengembangan food estate di Pulang Pisau dan Kapuas. Foto-Istimewa

BORNEO online, PALANGKA RAYA -Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya, mengatakan, food estate di Kalteng, merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan.

Hal itu dikatakannya saat meninjau kawasan pembangunan dan pengembangan food estate di dua lokasi, yakni Pulang Pisau dan Kapuas, Rabu (30/9).

Lokasi pertama di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau. Sedangkan lokasi kedua di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Dalam kunjungan itu, Habib Ismail Bin Yahya didampingi Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B Aden serta Kepala SOPD terkait.

”Pengembangan di kawasan food estate, bukan hanya padi saja tapi mencakup semua pertanian, perkebunan, budidaya ikan dan peternakan,” katanya.

Kawasan food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau merupakan kawasan yang menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain.

Pengembangan program food estate di Kalteng masih akan terus dilakukan di daerah-daerah lain yang memiliki potensi pengembangan pertanian.

Habib Yahya berharap, Kalteng bisa menjadi lumbung ketahanan pangan Nasional, agar lebih dikenal, lebih maju, mandiri serta tidak kalah dengan daerah lainnya. (bo02)

Editor: